Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Para alumni Universitas Lambung Mangkurat (ULM) diharapkan bisa berwirausaha atau melirik sektor bisnis dan
tidak semata-mata terpaku pada sektor-sektor formal seperti jadi pegawai di pemerintahan ataupun karyawan swasta.

"Wirausaha ini sesuai dengan visi ULM kedepan menjadi Entrepreneur University, yakni universitas berbasis wirausaha dengan menumbuhkan potensi mahasiswa untuk bisa membuka usaha sendiri," kata Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Humas ULM Prof Dr Ir H Yudi Firmanul Arifin, Senin (11/2).

Hal itu dikatakannya saat menghadiri Pelepasan Magister Baru dan Penyerahan Alumni Program Pascasarjana ULM periode I tahun 2019 di Aula Gedung Pascasarjana lantai 4 di Banjarmasin.

Menurut Yudi, mencetak calon pengusaha memang jadi tantangan ULM kedepan. Dimana ilmu dan keterampilan yang didapat di bangku kuliah tidak semata-mata digunakan untuk bekerja jadi pegawai atau karyawan tetapi bagaimana bisa sukses di sektor bisnis.

"Perubahan semakin cepat dan disruptif. 
Teknologi digital sekarang sangat mempengaruhi di segala sektor kehidupan. Mahasiswa dan alumni harus menyadari akan hal ini agar bisa bersaing mengarungi persaingan yang semakin ketat dan keras," jelasnya yang hadir mewakili Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi.
Yudi mengharapkan juga alumni Pascasarjana bisa semakin berkembang seiring gelar S2 yang diperoleh tentu keilmuannya dapat diaplikasikan untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi banyak orang sesuai tugas di bidang pekerjaannya masing-masing.

Adapun untuk lulusan Pascasarjana kali ini sebanyak 32 orang dari 6 Program Studi. Yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Magister Keguruan IPA, Magister Administrasi Pembangunan, Magister llmu Perikanan dan Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

Terpilih tiga lulusan terbaik tingkat Program Pascasarjana, yakni Ratna Purwanti dari Program Magister Pendidikan Guru PAUD dengan IPK 4,00, 
Noor Latifah dari Magister llmu Perikanan IPK dengan 4,00 serta Reza Irawan Santoso dari Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan dengan IPK 3,97.

Prof Yudi menyerahkan piagam penghargaan kepada lulusan nilai tertinggi tersebut dengan didampingi 
Direktur Program Pascasarjana ULM Dr Ir Bambang Joko Priatmadi.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019