Martapura, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur sangat menyambut baik gelaran Balap "Jukung" atau sampan tanpa mesin tradisional yang diadakan oleh masyarakat Desa Sungai Rangas Tengah Kecamatan Martapura Barat, Minggu (9/1).

Menurut H Saidi, selain wadah untuk mengembangkan potensi atlet dayung, kegiatan tersebut juga dapat menjadi salah satu sarana menciptakan suatu ikon wisata di Kabupaten Banjar, khususnya di desa Sungai Rangas Tengah.

"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, Ulun sangat mengapresiasi Balap Jukung Tradisional yang diadakan oleh warga Desa Sungai Rangas Tengah ini. Selain sebagai ajang latihan bersama para atlet dayung, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana menciptakan sebuah wisata yang bisa menarik perhatian masyarakat", kata H Saidi Mansyur.


Dia berharap ajang tersebut, dapat terus ditingkatkan, sehingga nantinya bisa memberikan dampak bagi kemajuan roda perekonomian di desa Sungai Rangas Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Banjar yang didampingi Camat Martapura Barat Rabbani dan para kepala desa juga merasakan sensasi mengarungi sungai dengan menaiki salah satu "jukung" yang disediakan warga setempat.

Diakhir lomba, H Saidi Mansyur juga memberikan support kepada team yang berhasil juara pada ajang tersebut. Hal ini sebagai bentuk perhatian khusus terhadap para atlet-atlet dayung yang ada di Daerahnya.

Balapan "Jukung" tradisional itu sendiri dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya. Dalam laporan panitia, lomba tersebut diikuti oleh 32 team dari Kecamatan Martapura Barat dan Sungai Tabuk./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019