Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) H Akhmad Tamzil menegaskan bahwa masing dinas pemerintahan harus ada perwakilan yang bisa menulis rilis berita.

Hal itu disampaikannya saat acara pelatihan jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diselenggarakan oleh Pemkab HST melalui Bagian Humas Setda, Rabu (6/2) di Aula Bappelitbangda HST.

"Keterampilan menulis perlu dikembangkan kepada para PNS, agar mereka mampu membuat rilis berita untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan di instansi masing-masing," kata Tamzil.

Dia mengatakan, tujuannya adalah agar hasil-hasil pembangunan dan program-program Pemerintah bisa terpublikasi dan diketahui oleh masyarakat yang lebih luas.

Tamzil berharap, seluruh peserta pelatihan jurnalistik ini menyimak dengan baik setiap materi yang disampaikan agar mengerti dan memahami bagaimana menulis berita yang benar dan sesuai.

“Setelah kegiatan ini, setiap bulannya masing-masing SOPD agar mengirimkan minimal satu rilis berita untuk dipublikasikan oleh media yang bekerjasama dengan pemerintah daerah dan nantinya dapat dikoordinasikan dengan Bagian Humas,” pintanya.

Kepala Bagian Humas Setda HST M Ramadlan mengungkapkan, kegiatan itu diikuti oleh perwakilan masing-masing Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemkab HST dengan mengangkat tema "menulis berita itu mudah, berteman dengan wartawan" .

“Materi yang disampaikan adalah terkait teknik penulisan berita atau rilis SOPD, bimbingan pembuatan berita dan teknik foto jurnalistik serta peserta langsung praktek membuat berita dan yang terbaik mendapatkan hadiah,” katanya.

Dia menerangkan, untuk pemateri adalah dari para wartawan yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Murakata (KJM) dan pejabat Humas yang menangani bidang pemberitaan.

“Tujuan kegiatan adalah guna menambah wawasan dan pengetahuan bagi jajaran SOPD agar bisa membuat berita terkait rilis hasil maupun program pembangunan masing-masing dinasnya,” kata Ramadlan.

Saat itu yang menjadi penulis berita terbaik adalah Fathurrahman dari RSUD H Damanhuri Barabai. Juara Dua Edi Suprahwono dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Pandawan dan ketiga adalah Dailani dari BPP Haruyan.

Sekda HST H A Tamzil dan Kabag Humas HST saat usai pembukaan pelatihan jurnalistik (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Baca juga: Polres HST tangkap tiga pengedar terkait kasus narkoba
Baca juga: Video - Pengakuan Armadani Pelaku Pembunuhan di Sungai Jaranih
Baca juga: Seorang laki-laki di HST tewas ditombak

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019