Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin menggelar festival jukung tanglong di Sungai Martapura untuk memeriahkan hari jadi ke-486 Kota Banjarmasin.

Kepala Disbudparpora Banjarmasin Norhasan kepada pers di Banjarmasin, Jumat mengemukakan bahwa rangkaian kegiatan memeriahkan hari jadi itu akan diawali pada 22 September 2012 dengan Festival Jukung Tanglong di sungai Martapura.

"Bahkan rencananya kita buat panggung musik di atas kapal tongkang pada malam itu," ujarnya.

Saat ini, kata Norhasan, persiapan dan pendaftaran sudah dibuka, dan seluruh kelurahan tampaknya mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Pada penutupan festival itu nanti, katanya, akan digelar pesta kembang api seperti tahun-tahun sebelumnya, kemudian pada puncak acara Harjad 24 September 2012, ada pergelaran seni budaya selama sepekan.

"Pokoknya dalam kaitan memperingati Harjad Kota Banjarmasin kita berusaha ciptakan semeriah mungkin," kata Norhasan.

Saat itu setiap malam selama sepekan itu akan ada pergelaran seni budaya seperti Mamanda, Wayang Gung, dan musik tradisional.

Ia berharap dengan adanya berbagai kegiatan festival dan pergelaran seni menjadi daya pikat wisatawan sekaligus hiburan bagi masyarakat Banjarmasin.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012