Paringin, (Antaranews Kalsel) - Keberadaan Pasar Tradisional Mingguan, di Kecamatan Lampihong menjadi perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, agar mendapatkan perhatian serta adanya peningkatan.

Akan tetapi, ungkap Anggota DPRD Balangan asal Kecamatan Lampihong, Fahrudin Misran, Senin (4/2) mengatakan, upaya peningkatan Pasar Lampihong dilokasi yang ada ini tidak memungkinkan lagi.

"Terkendala lahan, sertifikatnya tidak ada, oleh karenanya upaya relokasi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan Pasar Lampihong," ujarnya.

Tak hanya itu, adanya relokasi pasar diyakini akan turut berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Kecamatan Lampihong secara merata.

Menurut Fahrudin, upaya relokasi terus diperjuangkan di DPRD Balangan agar pemerintah melalui dinas terkait bisa merencanakan lebih matang lagi.

"Pemerintah mestinya memprogramkan dalam lima tahun, demi meningkatkan perekonomian masyarakat yang jelas akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan," katanya.

Karena lanjut Fakhrudin Misran, pasar tradisional mingguan merupakan urat nadi perekonomian masyarakat setempat.

Mestinya juga dalam pra-Musrenbang melalui camat di masing-masing kecamatan membuat list atau daftar rencana, pasar-pasar mana yang perlu di bangun atau di rehab.

"Saya kira Pasar Lampihong sudah saatnya harus mendapatkan perhatian untuk direlokasi dan ditingkatkan, kami siap mengawal dalam hal penganggaran di DPRD," harapnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019