Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Barto Kuala mengarak Piala Adipura 2018 merupakan kedua kalinya diraih Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Pada saat bersamaan, pemerintah juga melakukan peluncuran gerakan hijau dan  berbagai penyerahan hadiah lomba, Jum’at (1/2).

Arak-arakan lambang supremasi kebersihan tahun 2018 dimulai dari halaman Kantor Bupati Batola  diawali voorijder Lantas Polres Batola,  mobil patroli Dishub dan selanjutnya mobil pengangkut Piala Adipura  dipegang Atak dan Diang tahun 2018.

Selain itu, juga diikuti sejumlah mobil, serta ratusan sepeda motor  berasal berbagai lapisan masyarakat, khususnya yang terlibat langsung dalam menjaga lingkungan dan sampah mulai pelajar, perhimpunan peduli lingkungan, Forum Komunitas Hijau (FKH) Ijejela Bahalap, Sekolah Adiwiyata, Pelajar Peduli Lingkungan, Forum Anak, Saka Kalpataru, ORARI, BPK, Bakalar, organisasi wanita, pedagang hingga petugas kebersihan.

Rute  arak-arakan yaitu,  kawasan-kawasan yang menjadi titik pantau penilain kebersihan lingkungan seperti, Jalan Gusti M Seman, Jenderal Sudirman, Komplek Perkantoran, kembali ke Jalan Jenderal Sudirman, Kartini, AES Nasution, Veteran, Bahaudin Musa, Jembatan Rumpiang, bundaran Tugu KTM kembali ke Jembatan Rumpiang, Jl Baudin Musa, Veteran, A Yani, dan kembali ke halaman Kantor Bupati Batola.

Menariknya, arak-arakan itu diikuti Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batola Hj Fahriana beserta jajaran dan pengurus PKK lainnya yang rela berdesakan di mobil membawa Piala Adipura.

Sebelum digelar arak-arakan, para peserta terlebih dahulu berkumpul di halaman Kantor Bupati Batola mengikuti peluncuran Gerakan Hijau yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Batola Hj Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan isteri Hj Saraswati Dwi Putranti.

Kepada seluruh lapisan masyarakat, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengatakan, atas nama Pemkab Batola dan pribadi mengucapkan selamat dan sukses yang selama ini telah berpartisipasi aktif dalam upaya menjaga, memelihara kebersihan lingkungan, sehingga meraih Piala Adipura untuk kedua kalinya.

“Anugerah Adipura ini berkat hasil kerja keras semua pihak. Semoga ini akan memotivasi kita bersama untuk bekerja keras sehingga terus menerus meraih penghargaan bahkan Adipura Kencana,”ajak mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini memberi motivasi.

Acara Arak-arakan Piala Adipura Tahun 2018 dan peluncuran Gerakan Hijau tersebut bertemakan Adipuraku, Adipuramu, Adipura Kita Bersama diisi pengundian doorprize disertai puluhan hadiah menarik seperti, beberapa buah sepeda, alat elektronik dan lainnya merupakan bantuan Bank Kalsel Cabang Marabahan, BRI, PT SSC, PT BPP, PT Yoltan Sari Indonesia, PDAM, PT Talenta Bumi, PT Indoka Sakti dan lainnya.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019