Paringin, (Antaranews Kalsel) - Dewan Pendidikan dan Pihak Komite Sekolah di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, diminta untuk menjalankan tugasnya secara aktif, selain hanya menerapkan segala ketentuan dan prosedur yang mengatur tentang upaya peningkatan pendidikan secara optimal.

Disampaikan Bupati Balangan, H Ansharuddin, Selasa (29/1) di Paringin, ibukota Kabupaten Balangan, bahwa peran setiap individu di dalam sebuah Instansi bukan hanya terkait sebuah pekerjaan yang terpaku pada menerapkan segala ketentuan dan prosedur, akan tetapi lebih kepada sebuah pengabdian yang memunculkan gagasan, ide dan terobosan yang inovatif secara maksimal demi mengoptimalkan pembangunan.

Begitu pula peran Dewan Pendidikan dan Pihak Komite Sekolah, yang mana memiliki peran yang cukup besar dalam peningkatan pendidikan di Bumi Sanggam, demi mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

"Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Balangan akan selalu berkoordinasi dengan lembaga-lembaga tersebut dalam menyusun kebijakan terkait bidang pendidikan kedepan," ungkapnya.

Bahkan dalam setiap kesempatan ia menegaskan, dalam pembangunan bidang pendidikan, sebaik apa pun program yang disusun tidak akan dapat menghasilkan kesuksesan sesuai dengan yang telah ditargetkan jika tanpa dukungan yang maksimal.

Menurutnya, pembangunan membutuhkan dukungan, khsusunya program peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, sangat diharapkan partisipasi semua pihak.

"Hingga, program tersebut dapat direalisasikan dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang menjadi sasaran program itu sendiri," imbuhnya.

Baik DPRD setempat, dewan pendidikan, komite sekolah atau pun lembaga-lembaga swasta lain yang memiliki visi serta misi yang sama terhadap upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, haruslah menjalankan program kerjanya secara baik.

Hingga pada saatnya nanti, segala keinginan atau pun kebutuhan yang mendasar bagi pendidikan ke depan dapat selaras diprogramkan dan dianggarkan oleh pihak pemerintah.

"Saya sangat memprioritaskan meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah Balangan ini. Hingga, nanti setiap individu dapat menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri," tuturnya. 

Senada, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, Syabirin mengungkapkan, Peran setiap instansi haruslah maksimal, sehingga anggaran yang diusulkan dan diperjuangkan oleh Bupati Balangan di dalam rapat Paripurna DPRD Balangan, mampu dioptimalkan demi percepatan pembangunan yang bersentuhan dengan masyarakat.

"Terlebih peran yang bersentuhan dengan pendidikan, karena menyangkut pembangunan Sumber Daya Manusia ke depan, yakni para penerus perjuangan dan pembangunan," papar Syabirin.

Setiap tanggungjawab yang diemban, merupakan amanah yang luar biasa jika dilaksanakan dengan keikhlasan serta semangat mengabdi demi memberikan manfaat pada pihak-pihak yang menjadi sasaran program itu sendiri, pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019