Banjarmasin, 16/8 (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Banjarmasin antisipasi bahaya copet di pasar-pasar jelang lebaran, dengan melakukan patroli di dua pasar terbesar kawasan Kota Banjarmasin.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarmasin, Iptu Helmi Tamaila di Banjarmasin, Kamis mengatakan, patroli itu dilakukan untuk mencegah adanya bahaya pencurian atau copet dilingkungan pasar dan pertokoan.

Dua pasar besar yang dilakukan patroli oleh pihak Polresta Banjarmasin dari Satuan Reserse Kriminal itu diantaranya pasar Sudimampir dan pasar Sentra Antasari Kota Banjarmasin.

Patroli yang dilakukan didua pasar besar di kawasan Kota Banjarmasin itu di pimpin langsung oleh Wakasat Reskrim, Iptu Helmi Tamaila bersama Unit Jatanras, Unit Ranmor dan Unit Tipiter dari Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin.

"Kita antisipasi kejahatan di dua pasar itu karena menurut laporan sering kali di dua pasar tersebut terjadi aksi kejahatan seperti pencopetan dan pencurian," terangnya kepada ANTARA.

Helmi juga mengatakan, dalam pelaksanaan patroli pasar tersebut pihak polisi melakukan penyamaran dengan memakai baju preman agar tidak dikenali oleh para pelaku kejahatan.

Kegiatan yang dilaksanakan lebih kurang lima jam itu, polisi tidak menemukan adanya tindak kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan di dua kawasan pasar besar tersebut.

Dengan tidak adanya hasil tersebut akhir pihak Polresta Banjarmasin kembali kekesatuan dan berencana kegiatan tersebut akan dilakukan setiap harinya guna sebagai antisipasi kejahatan.

"Selain melakukan patroli pasar, kita juga telah membangun pos pengamanan lebaran di pasar Sentra Antasari dan pasar Sudimampir, apabila ada kejadian maka segeralah lapor ke pos tersebut sebagai bentuk penangan awal kejadian," terang mantan Kasat Narkoba Polres Kota Baru itu.

Semoga dalam lebaran tahun ini suasana Kota Banjarmasin selalu dalam keadaan aman, nyaman, dan tentram serta kondusif terhindar dari segala bentuk apapun yang bisa mengganggu ketertiban masyarakat, demikian Helmi. 

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012