Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Stingray Trail Community (STC) asal Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, dikukuhkan sebagai Klub baru yang di akui Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel, dalam gelaran Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) IMI Kalimantan Selatan, serta IMI Kalsel Awards 2018, yang digelar di Hotel Aston Banua, Sabtu hingga Minggu, 26-27 Januari 2019.

Mengusung tema "Dengan semangat Kebersamaan, Kekeluargaan dan Persaudaraan Untuk Mengoptimalkan Potensi IMI" tersebut, di ikuti sebanyak 46 Klub yang telah teregister dari berbagai kabupaten/kota se Provinsi Kalimantan Selatan.

Ketua IMI Kalsel, Ir Edy Sudarmadi dalam siaran Pers IMI Kalsel mengungkapkan, ini merupakan Rakeprov IMI ketiga dalam kepengurusan 2016-2020. Selama tiga tahun, sudah banyak program kerja yang berhasil diselesaikan.

"Alhamdulillah banyak event yang diselesaikan dalam kalender olahraga 2016, 2017 dan 2018 tanpa kendala berarti. Demikian pula wisata dan kegiatan kemasyarakatan lain," ungkapnya.

Namun lanjutnya, satu pekerjaan yang belum dirampungkan adalah keberadaan sekretariat baru. Dimana sebelumnya IMI Kalsel sudah mendapat izin pinjam pakai bangunan milik Pemprov Kalsel.

"Sampai sekarang bangunan masih dalam proses administrasi. Apabila proses tersebut selesai, segera bangunan direnovasi sesuai keperluan. Semoga dengan sekretariat baru, pengembangan dan pembinaan atlet olahraga otomotif semakin bersemangat, sekaligus mempererat persahabatan antar anggota," tutur Edy.

Dalam kesempatan yang sama, IMI juga menegaskan kembali eksistensi sebagai induk organisasi olahraga otomotif sesuai Undang Undang Nomor 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Dengan demikian, segala kegiatan olahraga dan wisata yang berhubungan dengan otomotif, mesti mendapatkan rekomendasi dari IMI.

"Sekalipun berwenang menindak kegiatan tanpa rekomendasi, kami masih berusaha mengakomodir pihak-pihak yang belum memahami regulasi berlaku," tegas Edy.

Sementara itu, pendiri Stingray Trail Community (STC) Balangan, Syariffudin A atau yang akrab di sapa Udin Stingray, yang juga tercatat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, periode 2014 - 2019, mengungkapkan kebahagiaannya karena STC sudah dikukuhkan oleh IMI Kalsel.

"STC Balangan merupakan ajang silaturahmi serta rekreasi, bukan hanya sekedar olahraga otomotif semata. Sehingga dengan dikukuhkannya STC Balangan dibawah IMI Kalsel, akan lebih memberikan semangat untuk berkreasi dan berkegiatan, serta menambah silaturahmi yang bisa mempererat persatuan dan kesatuan, khususnya antar sesama penghobby event trail dan adventure," ujarnya singkat.

Terdapat sejumlah hal penting yang dibahas dalam Rapat Kerja Provinsi IMI Kalsel, di antaranya penetapan jadwal event olahraga sepanjang 2019, termasuk persiapan pelaksanaan beberapa seri kejuaraan nasional. Selain itu juga digelar pengukuhan 18 klub baru.

18 klub baru tersebut adalah Stingray Trail Community Balangan, Diamond Raid King Club (DRAG) Banjarbaru, Gerombolan Tril (GT) Banjarbaru, BMC-JRM Adventure Banjarbaru, Big Family Trail Club (BFTC), Banjarbaru dan Miners Motorcycle Club (MMC) Banjarbaru.

Kemudian Suzuki Riders F150 Club (SRFC) Banjarbaru, Borneo Riders Brotherhood (BRB-MC) Banjarbaru, Yamaha R25 Owners Indonesia Kalsel, Shadow Bikers Club Indonesia Banjarmasin, Gabus Banjarmasin dan Biker’s Sirath Banjarmasin.

Selanjutnya Mendali Mayangsari Club Kotabaru, OTTAC Tanjung, Kalua Trail Adventure Community (Katac) Tanjung, Tabalong Otomotic Club (TOC) Tanjung, Garasi Adventure Trail Tanjung Club (GAT2C), Borneo Earth Feroza Community (BEFC) Barabai dan Smote Ireng Tanjung.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019