Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bencana alam juga terjadi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), kali ini sebuah rumah roboh dan rusak parah akibat diterpa angin kencang dan hujan yang deras dini hari tadi, Minggu (27/1).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HST, Ali Fahmi menerangkan bencana itu terjadi pada waktu subuh sekitar pukul 05.00 wita di Desa Tembok Bahalang, Rt 04 Rw II Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS).

"Pemilik rumah atas nama Atikah (49) sangat beruntung, ketika rumahnya roboh, saat itu malam harinya sedang menginap di rumah anaknya yang berada di belakang rumahnya sendiri," katanya.

Dia menyatakan, akibat bencana itu tidak ada korban jiwa, penghuni rumah bersama kedua anaknya selamat karena sedang menginap di tempat lain.

"Rumah milik Atikah kondisinya memang sudah tua dan lapuk serta sudah tidak layak lagi untuk didiami, jadi jika dia merasa angin kencang terpaksa harus menyebelah ke rumah anaknya," kata Ali.

Pihaknya bersama para relawan dan masyarakat sekitar juga telah bergotong-royong membersihkan puing-puing rumah dan mendirikan tenda darurat serta memberikan bantuan paket sembako.

"Ibu Atikah ini juga termasuk dalam golongan warga kurang mampu dan nantinya akan mendapatkan bantuan dari Pemkab HST dan kalau bisa juga kita usulkan untuk mendapatkan program bedah rumah," katanya.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap bercana alam yang bisa terjadi kapan saja terutama jika hujan lebat dan angin kecang.

"Kita juga berharap dan berdo'a semoga banua kita selalu aman dan terhindar dari segala macam bala bencana," harapnya.

Baca juga: Ernawati buka secara resmi outbond akbar 1000 guru Paud Kalsel
Baca juga: Mantuala Batu Hayam HST juara pertama Kontes Durian
Baca juga: Oknum guru di Barabai ketahuan mesum dengan bekas murid

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019