Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Supriyono atas nama Bupati Batola Hj Normiliyani AS melantik dua Kepala Sekolah Dasar di lingkungan Pemkab Batola, di Aula SMPN 2 Alalak Jalan Brigjen H Hasan Basri Km 11 Desa Handil Bakti Kecamatan Alalak, Kamis (17/1).

Dua guru dilantik menjadi kepala sekolah tersebut yakni,  Hj Cahaya Khairani SPd menjabat Kepala Sekolah SDN Berangas 2 Alalak dan Susi Prihastuti SPd menjabat Kepala Sekolah SDN Kepala Sekolah SDN Tapinah 1 Kecamatan Mandastana.

Pelantikan dan pengambilan sumpah itu disaksikan Kepala Bapegdiklat Batola H Hardian Noor beserta jajaran, Kepala Dinas Pendidikan H Sumarji beserta jajaran, dan para guru-guru pengajar di sekolah SMPN 2 Alalak.

Pelantikan terhadap dua kepala sekolah SD tersebut merupakan pelantikan susulan karena pada pelantikan   dilakukan Bupati Hj Noormiliyani AS terhadap 76 Kepsek SD, SMP, dan struktural, Kamis (27/12) lalu, keduanya berhalangan hadir.

Bupati Hj Noormiliyani melalui Sekda Supriyono mengatakan, pelantikan ini sangat penting bagi keduanya maupun bagi kelembagaan di tingkat sekolah maupun di tingkat dinas pendidikan.

Mantan Kepala Bappeda Batola itu menambahkan, pelantikan juga dilakukan untuk menentukan legalitas. Karena dengan legalitas yang ada maka tugas pokok, kewajiban, kewenangan yang melekat pada lingkup kepala sekolah akan mudah dilakukan dan terpenuhi dalam menjalankan roda kegiatan sehari-hari sebagai kepala sekolah.

Sedangkan dari sisi substansi, lanjut Supriyono, tugas kepsek tentunya sudah diketahui bersama dan yang terpenting bagaimana memimpin sekolah serta mengarahkan agar penyelenggaraan pendidikan maupun pengajaran bisa berlangsung secara optimal dalam arti seluruh ketentuan mengenai jam mengajar serta metode pendidikan yang diterapkan harus sesuai standar.

Supriyono yang akrap disapa pak Pri ini menerangkan, perkembangan dunia pendidikan saat ini mengalami perkembangan sangat pesat. Baik teknik mengajarnya maupun alat-alat yang tersedia dalam pengajaran.

"Kepada  kepsek yang baru dilantik bisa mendorong para pengajar untuk terus belajar, sehingga tugas-tugas yang dibebankan dalam kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang lebih menghasilkan,"pintanya.

Lebih-lebih anak didik sekarang, lanjut Sekda, hidup dalam pengaruh yang luar biasa baik dalam pergaulan nyata maupun pengaruh dunia maya yang tentunya menjadi sebuah tantangan dalam mengatasinya.

Untuk itu, sekda mengharapkan, kepada semua pengajar terutama para kepala sekolah agar memperhatikan strategi pengajaran agar pelajaran yang diterapkan memberi manfaat seta berdampak positif bagi para siswa.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019