Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan masih menajamkan potensi yang dimiliki agar siap ditawarkan kepada Investor lokal maupun asing.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Muhammad Syarif Fajerian Noor di Amuntai, Rabu mengatakan, Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) sedang persiapkan.

"Kita menyiapkan tahapan-tahapan untuk kesiapan penanaman modal sehingga investor bisa tertarik berinvestasi di daerah kita," Ujar Syarif.

Syarif mengatakan, Investasi yang cukup menarik ditawarkan kepada investor adalah yang terkait pada bidang pertanian, perikanan dan peternakan karena potensi 89 persen lahan rawa yang dimiliki Kabupaten HSU.

Selama ini, katanya produk pertanian dan perikanan serta peternakan cukup melimpah namun masih terkendala pemasaran dan pengembangkan produk olahan.

"Sebenarnya usaha penyediakan pakan ikan dan ternak serta pengolahan hasil produk pertanian cukup potensial digarap oleh investor," terangnya.

Ia berharap bisa bekerja sama dan mendapatkan pasokan infornasi dan data dari beberapa SKPD seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Peternakan dan Dinas Pariwisata terkait potensi-potensi yang bisa dijual kepada investor.

Dikatakan, pemanfaatan lahan rawa.untuk investasi tertentu saat ini terkendala tata ruang nasional, apalagi lahan rawa sebagian dikategorikan sebagai hutan lindung, sehingga terbatas untuk pengembangan pertanian semata.

Syarif menegaskan bahwa kehadiran Investor sangat penting untuk menggerakan ekonomi masyarakat, mulai dari penyediaan lapangan kerja, memggairahkan berbagai usaha terkait dan lainnya.

Ia berharap promosi yang dilakukan keluar daerah tidak hanya menekankan pada aspek produk dan pemasaran semata, melainkan juga pada aspek pengenalan potensi daerah.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019