Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry  menerima kunjungan dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten HSS yakni, H.Kunur Tajeli, Hj.Sadariah, Hj.Sumiati dan Murhimah.

Pengurus PKBI HSS Hj.Sadariah, di Kandangan, Senin (14/1), mengatakan  bersyukur PKBI HSS bisa diterima di ruang kerja bupati, ia menyampaikan rencana program kerja PKBI salah satunya pembinaan remaja.

"Sejarah PKBI HSS yang dibentuk sejak tahun 1968 dan pada 1970-1974, PKBI melayani klinik KB dan sejak tahun 1974 -1979 penyuluhan KB sangat diupayakan," katanya.

SIlaturrahmi pengurus PKBI HSS bersama Bupati HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS Gelar Baksos Pelayanan KB Gratis

Dijelaskan dia, pada tahun 1983, PKBI melatih bidan-bidan kampung yang diberi keterampilan untuk melayani persalinan dan langsung melayani KB, tahun 1990 melaksanakan pelatihan kader KB mandiri.

PKBI sudah mendirikan koperasi yang anggotanya semua kader KB Mandiri, dan mulai tahun 2006, PKBI melaksanakan posyandu lanjut usia dan pertemuan pengurus dan kader setiap bulan.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan PKBI HSS masih bisa eksis dengan harapan organisasi PKBI ini tetap berjalan, meskipun dengan tugas yang berbeda, dan karena APBD TA 2019 sudah diketuk, sehingga untuk hibah dianggarkan pada APBD Perubahan.

SIlaturrahmi pengurus PKBI HSS bersama Bupati HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Dinas PPKBPPPA HSS gelar bakti sosial pelayanan KB gratis

"Untuk program pembinaan remaja nantinya akan dikoordinasikan dengan dinas terkait dalam bentuk sinergisitas," katanya.

Dijelaskan dia, semakin banyak pembinaan remaja akan semakin bagus, selain itu juga akan tetap memaksimalkan posyandu lanjut usia dengan dokter dan obat dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019