Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan  H Rahmadian Noor mulai menggelar shalat hajat dan doa bersama ketika menempati rumah jabatan Wakil Bupati Batola, di Jalan A Yani Marabahan,  Rabu (9/1) malam.

 
Shalat hajad itu diawali shalat magrib berjamaah, pembacaan Surah Yasin serta doa bersama dipimpin Ustadz Muhammad Fakhruddin.

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengucapkan terima kasih serta penghargaan  setinggi-tinggi atas kesediaan para undangan yang hadir pada shalat magrib dan shalat hajad berjamaah sekaligus selamatan serta syukuran dalam rangka kepindahannya di rumah jabatan wakil bupati.

Mantan anggota DPRD Batola itu mengatakan, kepindahannya di rumah jabatan baru dilakukan lantaran sebelumnya keberadaan rumjab itu banyak dilakukan perbaikan seperti adanya retak-retak pada bagian dinding, atapnya serta beberapa bagian yang memang mengharuskan perbaikan.

Terkait pelaksanaan shalat hajad, menurut wabup, selaku warga Indonesia, terutama warga Kalsel, khususnya Batola,  memang sudah menjadi kebiasaan jika mau menempati rumah baru diawali upacara selamatan dan shalat hajad bersama.

"Tujuan dari shalat hajat bersama adalah, sebagai bentuk perkenalan serta pembuka silaturahmi sekaligus untuk memanjatkan doa bersama agar penghuni saat menempati rumah mendapatkan berkah serta keridhaan dari Allah SWT dengan harapan sewaktu berada di rumah baru mendapatkan ketenangan, kedamaian serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,"ungkapnya.

Terhadap kondisi rumah, wabup mengungkapkan, tidak begitu mempermasalahkan, mengingat dirinya lebih menyukai konsep rumah berbentuk minimalis walau pun rumjab yang ditempati sekarang bernuansa klasik dengan bangunan berkonstruksi rumah adat Banjar.

Sementara itu, berdasarkan pandangan beberapa warga, keberadaan rumah jabatan Wabup Batola ini sudah saatnya dilakukan perbaikan karena  kondisi yang ada sekarang dan  di samping itu sudah kurang layak.

Selain itu,  terdapat beberapa bagian yang memang membutuhkan pembenahan baik pada bagian bangunan maupun kawasan taman yang ada di sekitar bangunan.

Acara tersebut dihadiri Bupati Hj Noormiliyani AS beserta suami H Hasanuddin Murad, para anggota forkopimda beserta isteri, Sekda H Supriyono beserta isteri Hj Sri Wahyuningsih, para pimpinan SKPD, pimpinan dan pengurus organisasi wanita, tokoh agama, pemuka agama, tokoh masyarakat, para anak-anak panti asuhan dan berbagai lapisan masyarakat.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019