Rantau, (Antaranews Kalsel) - Komitmen Bupati Tapin, HM Arifin Arpan dalam pengembangan dan budidaya Cabai Hiyung kembali mendapat apresiasi berupa penghargaan Antara 2018 dari Perum LKBN Antara.

Penyerahakan yang dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (9/1) langsung di serahkan oleh Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat dan diterima langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan.

"Terima kasih atas penghargaan dari LKBN Antara, dan tidak lupa kami mengucapkan selamat atas HUT ke 81 Antara," ujar Bupati.

Bupati berharap, kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan media LKBN Antara bisa terjalin lebih baik dan harmonis lagi agar bisa mengimformasikan program-program pembangunan di Tapin ke halayak luas 

Sementara itu, Arifin Arpan mengatakan, bahwa penghargaan yang diterima merupakan sebuah tanggung jawab dan motivasi agar kita bisa lebih baik lagi.

"Ini merupakan sebuah tanggung jawab kita dalam pengembangangan cabai Hiyung untuk lebih baik lagi," ujarnya.

Sebelumnya, varietas Cabai Hiyung yang memiliki tingkat kepedasan hingga 94.500 ppm atau setara dengan 17 kali lipat dari cabai biasa bahkan menjadi cabai terpedas di Indonesia tersebut membawa Arifin Arpan menerima penghargaan Satya Lencana dari Kementerian Pertanian.

Cabai yang ditanam di tanah rawa di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah yang sudah terdaftar Kementrian Pertanian RI dengan nomer 09/PLV/2012 tanggal 12 april 2012 tersebut sudah cukup dikenal seantero Nusantara dan bahkan mendunia.

Usaha Pemkab Tapin dalam pengembangan Cabai Hiyung yang pertama kali ditemukan oleh Subarjo 25 tahun lalu tersebut pun berdampak dengan meningkatnya perekonomian masyarakat di desa sentral pengembangan Cabai Hiyung tersebut yang dulunya hanya sebagai pencari kayu Galam.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019