Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Bukan hanya Bupati Balangan, H Ansharuddin yang diganjar penghargaan pada ajang Antara Kalsel Award 2018, yang dilaksanakan pada Rabu, 9 Januari 2019, di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Akan tetapi Pemerintah Kabupaten Balangan sendiri juga di anugerahi penghargaan atas kepercayaannya dalam bermitra dengan LKBN Antara untuk pemberitaan yang mengedukasi, publikasi keberhasilan capaian, hingga promosi daerah secara nasional dan internasional.

Penghargaan diterima langsung oleh Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Balangan, H Thamrin Tailah, dan diserahkan oleh Direktur Pemberitaan LKBN Antara Ahmad Munir.

Disampaikan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Balangan, H Thamrin Tailah bahwa, penghargaan ini akan lebih memicu masing-masing kabupaten dan pimpinan daerah untuk lebih banyak mencapai keberhasilan serta inovasi-inovasi di daerahnya masing-masing.

"Kita melihat penghargaan ini sebagai sebuah cambuk motivasi, serta sebagai sebuah eksistensi sebuah media yang diakui dunia, yakni Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) sebagai satu-satunya Kantor Berita Indonesia yang pemberitaannya mencakup nasional bahkan internasional," ungkapnya.

Artinya lanjut Tahmrin sapaan akrabnya, LKBN Antara selama ini bukan sekedar melaksanakan ekspose dan publikasi, namun juga memperhatikan capaian-capaian serta inovasi yang layak untuk diberitahukan kepada publik.

"Setiap daerah, tentu memiliki kekurangan-kekurangan sesuai permasalahannya masing-masing, akan tetapi setiap keberhasilan program dan inovasi yang telah dicapai dan berpengaruh besar terhadap masyarakat luas, tentu bisa menjadi acuan dan pelajaran yang bukan hanya patut untuk ditiru, akan tetapi juga disempurnakan," jelasnya.

Tentu saja, mewakili Pemerintah Kabupaten Balangan, kami mengucapkan terimakasih atas penghargaan Antara Kalsel Award 2018 ini, tentu saja ini akan kami jadikan cambuk bagi kami untuk terus mencapai keberhasilan program-program yang telah maupun akan dijalankan, serta mencari inovasi-inovasi demi mencapai pembangunan dan kesejahteraan masyarakat banyak, pungkasnya.

Penghargaan Antara Kalsel Award 2018 sendiri, merupakan rangkaian peringatan hari jadi Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara ke 81, yang jatuh pada 13 Desember 2018 lalu. Penghargaan Antara Kalsel Award 2018, dihadiri langsung oleh Direktur Utama LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat, Direktur Pemberitaan LKBN Antara Ahmad Munir, Rabu 9 Januari 2019, di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Disampaikan Dirut LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat pada rangkaian kegiatan Antara Kalsel Award 2018, bahwa penghargaan yang diberikan tersebut bukan merupakan penilaian kinerja ataupun penilaian prestasi semata.

Melainkan sebagai salah satu penghargaan terhadap kinerja yang telah dicapai dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia dari wilayah Kabupaten/kota dan lingkupnya masing-masing.

Selain itu juga sebagai ekspose kepada masyarakat luas, terkait berbagai terobosan dan kemajuan serta inovasi yang dihasilkan oleh pemerintah masing-masing kabupaten/kota bahkan hingga provinsi.

"Tanggungjawab pemberitaan di LKBN Antara bukan hanya kepada masyarakat lokal bahkan nasional semata, namun juga secara internasional. Sehingga pemberitaan di Antara lebih kepada hasil-hasil yang telah dicapai oleh pemerintah serta manfaatnya bagi masyarakat luas, yang disajikan dengan beberapa bahasa yang diakui di dunia," tuturnya.

Adapun kepala daerah yang hadir Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Bupati Tapin H Arifin Arfan, Bupati Kotabaru H Sayed Ja'far, Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah.
 
Kemudian Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani, Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid dan Bupati Balangan H Ansharuddin. Adapula wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Syamsuri Arsyad. Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin dan Ketua DPRD Kotabaru Hj Alfisyah, Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi. Selain itu ada perwakilan dari berbagai pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta di Kalsel.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyatakan sangat apresiasi terhadap LKBN Antara, sebab merupakan lembaga berita yang bersejarah. "Antara hari ini banyak memberi penghargaan, ini luar biasa," paparnya.
 
Menurut dia, pemerintah daerah harus memanfaatkan Antara sebagai penyebar berita pembangunan. "LKBN Antara saya anggap laboratoriumnya berita nasional, yang pasti dipercaya," tutupnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019