Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Peringatan puncak peringatan Hari Jadi ke- 59 Tahun 2019 Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan berlangsung cukup semarak dengan menampilkan berbagai persembahan berupa parade pembangunan Taman Sari Bunga, Kuta Bamara, Jejangkit, Batola Setara,Tari Radap Rahayu (Penyambutan), Tari Batamat, menyanyikan lagu mars Bergerak ciptaan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor serta menyanyikan lagu Batola Ulek Marabahan, Selasa (8/1).

Saat menyanyikan Mars Bergerak yang dipandu paduan suara Pelajar Ije Jela Marabahan ini gubernur yang akrap disapa Paman Birin itu tampak semangat yang diikuti para hadirin lainnya.

Sewaktu menyanyikan Ulek Marabahan Paman Birin didampingi Bupati Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan para forkompimda sampai berjalan ke teras Aula Selidah menghadap ke pengunjung.

Melihat itu, para peserta paduan suara Pelajar Ije Jela dan para penari pun yang tadinya berada di bekalang ikut membaur dan bersama-sama bernyanyi hingga membuat suasana semakin akrap.

Kesemarakan Peringatan Harjad ke-59 Batola juga dirangkai dengan berbagai penyerahan dan penandatanganan prasasti seperti prasasti Mall Pelayanan Publik, Pasar Ikan Wangkang, Pasar Baru Marabahan dan gedung pengujian kendaraan bermotor.

Bupati Hj Noormiliyani juga menyerahkan tali asih terhadap penuntut atau ahli waris berdirinya Kabupaten Batola, penyerahan piagam BUMDes terbaik se-Batola, penghargaan desa dengan penyaluran dana desa tercepat.

Selain itu, juga diserahkan penghargaan kepatuhan membayar pajak, penghargaan inovasi bidang air bersih, penghargaan inovasi bidang kesehatan, penghargaan komitmen dan kecepatan dalam penuntasan kewajiban membayar PBB P2.

Dalam rangkaian itu,  Noormiliyani juga menyerahkan piagam penghargaan atas komitmen peningkatan pemungutan dan upaya penggalian potensi PBB P2, menyerahkan penghargaan komitmen dan sinergi yang kuat Pemerintah Pusat dan Daerah bagi upaya peningkatan PAD.

Yang cukup menarik, di sela acara Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya berkesempatan menyerahkan piagam IRSA (Indonesia Road Sefety Awar/penghargaan dengan kepadatan rendah pada pilar I menajemen dengan keselamatan jalan).

“Kami bersyukur terhadap realisasi kinerja Pemkab  Batola Tahun 2018, mengingat selama kurun waktu penyelenggaraan pemerintahan Batola telah menapak, meniti dan bergerak maju mewujudkan tugas bersama dalam ruang kesempatan yang sama sehingga mampu merealisasikan karya terbaik bagi masyarakat,” kata Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

Terpisah, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, Batola telah banyak keberhasilan yang dicapai mulai perbaikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pelayanan masyarakat, hingga pencetusan program-program yang berpihak dan mengangkat kemandirian masyarakat.

Atas keberhasilan itu, gubernur mengimbau pemerintah dan masyarakat Batola wajib bersyukur agar berkah, kenikmatan, dan kemajuan akan terus bertambah serta lebih besar lagi.

“Lain syakartum laadzidannaku walainkafartum innaazabi lasyadid. Apabila kamu bersyukur niscaya akan kutambah dan apabila tidak bersyukur maka azabku akan pedih,” kata gubernur seraya menyitir firman Allah.

Acara itu dihadiri para anggota DPR-RI dan DPD RI, para kepala daerah se-Kalsel atau yang mewakili beserta isteri, para forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai lapisan masyarakat.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019