Marabahan, (Antaranews Kalsel)- Kepolisian Resort Barito Kuala, Kalimantan Selatan menyelenggarakan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-38 Satuan Pengamanan (Satpam), di halaman Mapolres Batola, Senin (31/12).


Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya saat membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Polisi HM Tito Karnavian mengatakan, Satpam memiliki peran strategis baik dalam pemeliharaan kamtibmas di lingkungan kerja maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi.

Disebutkan, jaminan keamanan pada lingkungan badan usaha dan sektor industri akan mampu meningkatkan kepercayaan terhadap negara yang pada akhirnya bisa berdampak positif bagi iklim berinvestasi di Indonesia.

Sehubungan hal itu, lanjut Kapolri, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas dituntut semakin profesional.

"Dalam implementasinya personal Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan dengan melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi,"harapnya.

Dengan demikain eksistensi Satpam, harap dia, dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugas masing-masing.

Upacara yang berlangsung di halaman Mapolres Batola ini juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor, Komandan Kodim 1005 Marabahan Letkol ARH Erwin Hadi Santoso, para anggota forkopimda lainnya/mewakili, para pimpinan instansi pemerintah, TNI, pengusaha, BUMN, BUMD, perbankan, jajaran pejabat di lingkungan Polres Batola, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan.

Menariknya, upacara yang diikuti pasukan TNI, seluruh satuan Polres Batola, Satpol-PP, Satpam, dan anggota pramuka ini ditandai pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada anggota satpam tertua dan termuda oleh Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor dan Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya.

Tak hanya itu, HUT ke-38 Satpam ini juga dirangkai penyerahan hadiah kepada para anggota satpam yang berhasil menjadi pemenang dalam lomba cerdas cermat.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018