Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mendapat kepercayaan dari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai untuk membantu  rencana pendirian Fakultas Kehutanan di perguruan tinggi di Kabupaten Kampar Provinsi Riau itu.

"Alhamdulilah dari sekian banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Fakultas Kehutanan, kita terpilih dan diminta bisa membantu," kata Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi, Jumat (28/12).

Kerjasama kedua universitas yang berasal dari Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera itupun tertuang dalam Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU).
Rektor Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Prof Dr Amir Luthfi datang langsung ke Banjarmasin menyambangi Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Gedung Rektorat ULM lantai 2 Jalan Brigjen H Hasan Basry Banjarmasin.

Prof Amir dan rombongan disambut hangat Sutarto yang turut didampingi lengkap para pembantunya seperti Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Aminuddin Prahatama Putra, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Dr Achmad Syamsu Hidayat, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Muhammad Fauzi serta Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Prof Yudi Firmanul Arifin.

Sutarto mengaku surprise dengan kedatangan pimpinan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai tersebut. Apalagi Amir Luthfi adalah sosok yang sangat dihormatinya, mengingat sepak terjangnya di dunia pendidikan tinggi dan politik. Tercatat Amir Luthfi pernah menjabat Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau serta anggota DPR RI tiga periode.

"Menurut Prof Amir, tercetus ide ini karena mereka akan ada kerjasama dengan perguruan tinggi di Republik Ceko, sehingga mengajak ULM, Universitas Lampung (Unila) dan Universitas Gadjah Mada (ULM) beserta  perguruan tinggi di Ceko untuk membantu pengembangan bidang kehutanan, terutama berkaitan dengan kewirausahaan. Bagaimana mengelola sumber daya kehutanan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat," papar Sutarto kepada Kantor Berita Antara.
Dia pun siap membantu dengan segala SDM dosen yang ada di Fakultas Kehutanan ULM dapat memberikan kontribusi pendirian Fakultas Kehutanan di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

"Kerjasama ini jadi wadah dosen kita bisa berkiprah mengimplementasikan teori dan juga pengetahuan mereka. Jika memungkinkan kedepannya kita bisa melakukan kerjasama yang lebih bagus. Bukan hanya dengan perguruan tinggi dalam negeri tapi juga luar negeri," tandasnya.

Adapun kerjasama itu berlaku dalam jangka waktu selama 5 tahun dengan mencakup pendirian program studi, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan,
penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018