Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani turun langsung ke lapangan untuk mengecek keberadaan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Lilin Intan 2018.

Secara khusus dia ingin memastikan kekuatan personel dalam pengamanan wilayah serta anggota Polantas dalam mengatur arus lalu lintas.

"Pastikan pengamanan gereja dan kelancaran lalu lintas. Jangan sampai kita lengah hingga terjadi hal-hal tak diinginkan," katanya kepada Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto saat berada di Pos Pengamanan Natal dan tahun baru di depan Duta Mall Banjarmasin, Senin (24/12).
Dalam pantauannya, Kapolda yang turut didampingi Wakapolda Brigjen Pol Aneka Pristafuddin dan sejumlah pejabat utama mendatangi tiga pos pam. 

Selain di pusat perbelanjaan terbesar di Kota Banjarmasin itu, Kapolda juga mengecek Pos Pam di Kantor Pos dan Pos Pam di Jembatan Merdeka.

Jenderal bintang dua itu berpesan kepada anggota agar benar-benar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. 

"Buat masyarakat merasa nyaman dan aman dengan keberadaan Pos Pam ini. Jangan justru sebaliknya. Sediakan juga tempat yang nyaman bagi warga yang mampir misalnya untuk beristirahat sejenak," tuturnya.
Kapolda memerintahkan kekuatan maksimal sesuai jumlah jemaat yang hadir. Namun tetap dengan sikap yang sopan santun serta humanis agar jemaat misa Natal merasa nyaman.

"Kalau gereja besar kita tempatkan anggota yang banyak. Teman-teman TNI juga ikut mengamankan. Sterilisasi areal gereja juga dilakukan anggota Gegana Brimob," jelasnya.

Yazid menambahkan, kepadatan arus lalu lintas memang sudah terlihat di sejumlah ruas jalan utama. Apalagi saat ini sudah memasuki musim libur sekolah hingga awal tahun 2019 nanti.
Manajemen Duta Mall pun mendapat atensi khusus dari Kapolda agar selalu berkoordinasi dengan petugas khususnya terkait pengaturan lalu lintas agar tak terjadi kemacetan parah.

Dimana diketahui pusat perbelanjaan itu memang menjadi primadona masyarakat setiap akhir pekan hingga musim libur seperti sekarang. Termasuk 
keberadaan Hotel Mercure yang masih satu bangunan juga selalu penuh diboking pengunjung yang menginap.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga memberikan bingkisan kepada petugas yang berjaga di Pos Pengamanan sebagai bentuk kepedulian sekaligus suntikan motivasi agar anggota dapat melaksanakan tugas sebaik mungkin.
Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Edyanto mengaku telah memberikan arahan kepada Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo agar menerapkan sistem buka tutup putar balik (u-turn) di ruas jalan yang padat guna bisa mengurai kemacetan di kawasan padat seperti u-turn depan Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dan lainnya.

"Anggota Polantas di lapangan harus cepat bertindak jika melihat peningkatan arus kendaraan. Jangan sampai kemacetan parah terjadi hingga anggota terkesan lamban mengatasinya," tandasnya.

Polda Kalimantan Selatan dan Polres jajaran mengerahkan sebanyak 1.654 personel dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Intan 2018. Operasi digelar selama 12 hari, mulai tanggal 21 Desember sampai 1 Januari 2019 untuk pengamanan Natal dan tahun baru.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018