Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi melantik para wakil rektor untuk periode 2018-2022. Pengambilan sumpah dan jabatan berlangsung di Aula Rektorat ULM pada Jumat (21/12).

Dari empat jabatan wakil rektor, terdapat tiga nama baru dan satu nama merupakan pejabat lama yang kemudian kembali dipilih oleh Sutarto untuk membantunya menakhodai ULM, yakni Prof Yudi Firmanul Arifin sebagai Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja sama dan Humas.

Sedangkan tiga nama lainnya, yakni masing-masing Dr Aminuddin Prahatama Putra dilantik sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Achmad Syamsu Hidayat sebagai Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan serta Dr Muhammad Fauzi sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Pada saat bersamaan, rektor juga melantik Dekan Fakultas Teknik Dr Bani Noor Mochamad menggantikan Yulian Firmana Arifin.

"Pelantikan ini sesuai statuta universitas, dimana tiga bulan setelah rektor terpilih dilantik maka para wakil rektor juga harus dilantik," terang Sutarto kepada wartawan usai pelantikan.
Dia pun mengingatkan kepada para pembantunya di kabinet universitas itu agar bisa membuat program realistis dan tidak muluk-muluk. Sehingga bisa dilaksanakan dan dicapai untuk memberikan kontribusi kemajuan ULM.

Sutarto mengakui, tantangan kedepan semakin berat. Untuk itu, semua harus bekerja keras termasuk wakil rektor yang baru dilantik. 

"Saya targetkan tahun 2019 bisa mendapatkan akreditasi institusi A, jumlah publikasi meningkat dan prestasi mahasiswa harus semakin bagus, termasuk pertumbuhan mahasiswa asing yang kuliah di ULM bisa semakin banyak," katanya menekankan.
Dalam waktu dekat, ungkap Sutarto, ULM sedang mempersiapkan kunjungan asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sehingga seluruh komponen di kampus harus bisa mempersiapkan diri yang pada akhirnya keberhasilan meraih akreditasi A jadi terwujud.

Disinggung penunjukan pejabat baru, Sutarto memastikan semuanya sudah melalui tahapan seleksi ketat berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun dia menggarisbawahi bahwa yang akhirnya terpilih berkat raihan prestasi kinerja selama ini.

"Contohnya Aminuddin adalah dosen Prodi Pendidikan Biologi yang berhasil menjadikan prodinya akreditasi A. Beliau juga pengajar IT yang erat kaitannya dengan akreditasi," paparnya.
Kemudian untuk Achmad Syamsu Hidayat, rektor sangat mengapresiasi keberhasilannya semasa menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang  merealisasikan pembangunan sejumlah proyek termasuk 12 gedung baru hasil suntikan dana dari Islamic Development Bank (IDB) dalam program seven in one 7in1 yang berhasil diraih ULM.

Sedangkan Bani Noor Mochamad diketahui merupakan tim teknis dalam mengawal pembangunan besar-besaran gedung-gedung baru di ULM. Sutarto menilai bawahannya itu sosok pekerja keras dan komitmen terhadap tanggung jawab yang diemban.

"Paling penting juga wakil rektor bisa bekerja sama dengan rektor alias satu visi serta memiliki komitmen tinggi untuk kemajuan universitas," tegasnya.

Hal itu juga yang ditemukan Sutarto pada sosok Prof Yudi Firmanul Arifin hingga kembali dipertahankannya sebagai wakil rektor. Apalagi Yudi telah banyak menoreh prestasi melalui beragam realisasi kerja sama ULM dengan banyak universitas dan lembaga serta sektor swasta baik dalam maupun luar negeri.

Hingga sekarang ULM semakin dikenal luas dan menjadi universitas terkemuka dan berdaya saing di level nasional yang mampu sejajar dengan perguruan tinggi terbaik di Pulau Jawa.
Sementara salah satu wajah baru Achmad Syamsu Hidayat mengaku siap bekerja keras menjalankan amanah yang telah dipercayakan sang rektor kepadanya.

"Saya berterima kasih sedalam-dalamnya kepada rektor atas kepercayaan dan amanah yang diberikan. Tentu dalam menjalan tugas saya membutuhkan dukungan dari kawan-kawan civitas akademika. Namun saya pribadi siap bekerja keras untuk menjalankan setiap tugas demi kemajuan ULM yang telah diprogramkan rektor," pungkasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018