Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bidang kesehatan, meliputi tiga bahasan yakni Kabupaten HSS sehat, Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Lomba Sekolah Sehat (LSS).

Bupati HSS H Achmad Fikry di Kandangan, Jum'at (21/12), mengatakan untuk menjadi kabupaten sehat harus dimulai dari desa dan kecamatan terlebih dahulu, dan percuma kalau kabupatennya sehat tetapi kecamatan dan desanya malah tidak selaras.

Rapat Koordinasi (Rakor) bidang kesehatan Pemkab HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Tim Akreditasi salut perjuangan Pemkab HSS dapatkan akreditasi RS Daha Sejahtera

"Penghargaan bukan yang utama kita kejar, tetapi bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan lingkungan, itulah yang utama," katanya, dalam Rakor bertempat di Aula Ramu Sekretariat Daerah (Setda) HSS.

Dijelaskan dia, sebagai pimpinan daerah, mengharapkan agar indikator capaian menuju kabupaten sehat harus dikerjakan dalam Tim antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), semua indikator OPD hendaknya bisa dibagi ke masing-masing OPD yang terlibat sesuai aspeknya.

Mengenai KTR, ditegaskan dia agar aturan-aturan yang sudah ada bisa maksimal ditegakkan, Peraturan Daerah (Perda) yang sudah ada juga akan segera diperkuat dengan Peraturan Bupati (Perbup) yang akan jadi perkuatan hukum dalam pelaksanaannya.

Kepala Dinkes HSS Siti Zainab, menjelaskan kabar gembira tentang sekolah sehat, bahwa LSS yang diadakan di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2018, HSS mampu meraih predikat di semua tingkatan, mulai TK sampai dengan SLTA.

Rapat Koordinasi (Rakor) bidang kesehatan Pemkab HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: RSUD Daha Sejahtera dinilai tim akreditasi
 
Untuk TK. Munggu Raya sebagai Juara II, SDN kandangan Kota 1 sebagai Juara III, SMPN 1 Kandangan sebagai Juara I, begitupun untuk SMAN 1 Kandangan sebagai Juara II.

Sementara itu, rembahasan rapat kali ini dititik beratkan pada persiapan SMPN 1 Kandangan yang akan mewakili Kalsel dalam LSS Tingkat Nasional mendatang.

Rapat Koordinasi (Rakor) bidang kesehatan Pemkab HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018