Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menghadiri gelaran peringatan Hari Ibu ke-90 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Dharma Wanita tahun 2018, bertempat di Pendopo Kabupaten.

Panitia Pelaksana Hj Yuliana Iwan Friady, di Kandangan, Rabu (19/12), mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam aktiifitas pembangunan, khususnya kaum perempuan baik secara mandiri, keluarga, di daerah maupun lebih luas peran untuk bangsa dan negara.

"Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dan kerjasama Tim Penggerak PKK Kabupaten HSS, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Dinas PPKBPPPA HSS dan sebelumnya juga telah digelar beragam event dan lomba dalam rangkaian peringatan Hari Ibu dan HUT Dharma Wanita," katanya.
 
Peringatan Hari Ibu dan HUT Dharma Wanita HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Video : Edukasi dini menabung PKK HSS gelar lomba mewarnai gambar

Dijelaskan dia, beberapa event dan lomba tersebut antaralain, Seminar Kanker Rahim atau servik, lomba buat puisi untuk ibu, foto kenangan bersama ibu, lomba nyanyi lagu untuk Bunda dan lainnya, di mana penyerahan penghargaan dan hadiah atas lomba tersebut akan diserahkan di aikhir kegiatan ini.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan terima kasihnya untuk para Ibu, atas jerih payah dan pengorbanan mereka dari sejak mengandung, melahirkan dan membesarkan putra-putri, harusnya menjadi renungan bersama untuk terus menghormati para ibu atas keikhlasan dan kasih sayang yang telah diberikan.

Menurut dia, sejalan dengan pesan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise agar mengakhiri kesenjangan antara perempuan dan laki-laki, menghindari perceraian yang dapat mengganggu tumbuh dan kembangnya anak serta menghindari kekerasan dalam rumah tangga.

"Kita bersyukur di Kabupaten HSS telah dapat menerapkannya dengan menempatkan kaum perempuan di jabatan-jabatan strategis, seperti ada lima jabatan eselon yang dijabat kaum perempuan, dua orang camat, beberapa kepala desa hingga di DPRD HSS sekarang juga ada beberapa legislator perempuan," katanya, saat memberikan sambutan.

Diharapkan dia, untuk peringatan HUT Dharma Wanita agar dimaknai para ibu dapat memberikan suasana yang mendukung para suami bisa melaksanakan tugas dengan baik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), dorongan yang diberikan para istri dapat menjadikan pekerjaan suami maksimal dan bukan mencampuri.
 
Penyerahan Bantuan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Video - 200 peserta ikuti seminar peduli bahaya kanker Serviks

Peran seorang ibu memang tidak ada batasnya, dan kasih sayangnya tidak terukur untuk anak, sudah menjadi tanggung jawab anak untuk berbakti kepada ibunya, dan bagi mereka yang ibunya sudah meninggal ia mengingatkan agar terus mendo'akan agar mendapatkan tempat terbaik disisiNya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan bantuan, penghargaan dan hadiah untuk beberapa penerima bantuan dan pemenang lomba dalam rangkaian peringatan Hari Ibu, serta penyerahan kue ulang tahun dari Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry untuk Kepala Dinas PPKBPPA HSS Hj Is Susilastuti yang berulang tahun persis di hari puncak perayaan Hari Ibu tersebut.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi beserta Forkopimda HSS, Sekda HSS H Hubriansyah,  para Kepala SKPD,  para pimpinan organisasi wanita HSS, para camat, pimpinan BUMN dan BUMD, pengurus TP PKK Kabupaten dan Kecamatan serta undangan lainnya.
 
Penyerahan bantuan dari GNOTA HSS, penghargaan dan hadiah (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018