Barabai, (Antaranews Kalsel) - Media massa merupakan garda terdepan dalam fungsi penyebaran informasi. Fungsi tersebut dapat terwujud melalui komunikasi yang dibangun dengan baik melaluinya.

Guna menguatkan fungsi tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Barabai lakukan Media Visit di Kantor Biro Radar Banjarmasin di Banjarmasin (13/12). Dalam lawatannya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai Sugiyanto disambut langsung oleh Perwakilan dari Radar Banjarmasin yakni Manager Iklan Muhammad Afifuddin beserta jajaran.

Pada kesempatan itu, Sugiyanto berdiskusi banyak keterkaitan media massa dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional JKN-KIS.

"Peran media memiliki andil yang besar dalam penyebaran informasi khususnya Program JKN-KIS. Dengan adanya hubungan dan komunikasi yang intim dengan media, diharapkan segala bentuk informasi khususnya dengan tone positif lebih dapat diperluas lagi sehingga berita dengan tone negatif dapat diredam," ujar Sugiyanto.

Ia menegaskan, berita negatif lebih mudah digoreng sehingga menjadi menarik minat baca. Namun, berita negatif yang beredar di masyarakat jika tidak diatasi dengan segera maka akan berdampak pada citra program yang dijalankan, yaitu Program JKN-KIS. Yang tentu saja persepsi masyarakat indentik dengan BPJS Kesehatan. 

Selain berdiskusi, pihaknya juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan pihak Radar Banjarmasin terkait publikasi melalui media cetak.

Sugiyanto mengatakan kerjasama dengan media merupakan wujud komitmen BPJS Kesehatan Cabang Barabai dalam mempererat hubungan dengan media agar bersama-sama bersinergi menyukseskan Program JKN-KIS.

"Kami berharap dukungan media dalam penyebaran informasi dapat membuka cakrawala seluas-luasnya mengenai program ini khususnya untuk pembaca harian Radar Banjarmasin. Supaya paling tidak dapat meminimalisir persepsi negatif," harapnya.

Manager Iklan Radar Banjarmasin Afifuddin atau yang akrab disapa Oding ini mengaku senang atas kunjungan pihak BPJS Kesehatan Cabang Barabai yang telah jauh-jauh untuk bersilaturahmi dikantor bironya.

"Kami sangat mengapresiasi atas kunjungan dari BPJS Kesehatan Cabang Barabai, dimana kami bisa bersilaturahmi dan saling bertukar pikiran tentang media dan tentu saja mendapatkan informasi lebih mengenai Program JKN-KIS," tuturnya.

Ia menyatakan, bahwa pihaknya siap untuk mendukung program nasional tersebut melalui publikasi berita untuk dimuat di media cetaknya. 

Sebagai wujud tanda kasih, Sugiyanto memberikan kenang-kenangan berupa plakat kepada Radar Banjarmasin atas dukungan mereka terhadap Program JKN-KIS melalui publikasi di media cetak. Nantinya, kerjasama ini akan mulai efektif dijalankan per Januari Tahun 2019 hingga bulan Maret pada tahun yang sama.

Baca juga: Pemkab HST studi pengelolaan pasar tradisional modern ke Tangsel
Baca juga: Saperiansyah juara lomba TTG dengan alat angkut mini elektrik
Baca juga: Tahun 2019, Dana Desa untuk HST meningkat

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018