Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pameran dan pertunjukan seni siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) digelar dalam rangka program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS), kegiatan ini mendapat dukungan penuh Dinas Pendidikan (Disdik) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Senin (17/12), mengatakansangat bangga dan mengapresiasi pagelaran ini, karena sangat sejalan dengan keinginan Pemkab HSS menjadikan HSS kembali sebagai kota seni dengan mengambil tema "Tanam perlahan menuai rindu".

Pameran dan pertunjukan seni siswa SLTA se Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Abdul Kahar : Pemerintah pusat akan kucurkan dana pendidikan non formal HSS

"Darah seni sudah mengalir dari dulu dalam masyarakat HSSsehingga hal ini sangat wajar, bila sekarang Pemkab HSS kembali mengupayakan tumbuh kembangnya kembali seni di daerah ini," katanya, saat memberikan sambutan, di Pendopo Kabupaten.

Dijelaskan dia, semangat melestarikan seni budaya adalah sesuatu yang wajar dilakukan di daerah yang terkenal dengan seniman seperti di HSS, banyak seniman besar yang lahir dari daerah ini, seperti Darmansyah Zauhidie dan Burhanuddin Subeli.

Lebih lanjut disampaikan dia dalam waktu dekat, Pemkab HSS juga akan memperluas panggung seni Darmansyah Zauhidie untuk wahaha berkreasi para seniman, dan agar lebih bisa menampung pengunjung.

Pameran dan pertunjukan seni siswa SLTA se Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Video : HSS canangkan Gerakan Indonesia Membaca dan kampung literasi

Pameran dan pertunjukan seni ini diikuti oleh seluruh perwakilan sekolah SLTA di HSS, mereka menampilkan kegiatan ekstra kurikuler seni yang dipelajari di sekolah, mulai dari seni tari, seni rupa, seni lukis, musik tradisional dan kerajinan.

Turut hadir, Kepala Disdik HSS Nordiansyah,perwakilan Disdik Provinsi Kalsel, jajaran Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata HSS, para kepala sekolah, para guru kesenian, seniman pembimbing dan para siswa SLTA.

Pameran dan pertunjukan seni siswa SLTA se Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018