Pelaihari, (Antaranews Kalsel)-Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.


Penyerahan piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly di Kantor Kemenkumham bersamaan dengan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia se Dunia kepada Bupati Tanah Laut H Sukamta, Selasa (12/12).

“Penghargaan ini menjadi kado bagi Tanah Laut  yang baru saja memperingati hari jadi ke-53 dan sebagai wujud dari pelaksanaan Hak Asasi Manusia di daerah ini,”ujar Bupati Tanah Laut H Sukamta.

Menurut dia, Kemenkumham menilai Pemkab Tanah Laut telah memberikan hak kesehatan, hak pendidikan, hak kependudukan, hak perempuan dan anak, hak pekerjaan serta hak keberlangsungan lingkungan.

“Keberhasilan ini adalah buah dari kerjasama dan kerja nyata seluruh jajaran Pemkab Tanah Laut  dengan seluruh pihak terkait,”terangnya.

Penghargaan tersebut, lanjut dia,  sejalan dengan pelaksanaan pelayanan dasar yang menjadi hak masyarakat di Bumi Tuntung Pandang.

“Pelayanan dasar yang kita berikan berupa,  peningkatan indeks pembangunan manusia  atau peningkatan indeks sumber daya manusia, dimana indeks ini merupakan kumulatif dari pelayanan kesehatan, pendidikan dan daya saing masyarakat,”tegasnya.

Kedepannya, dia berharap,  penghargaan menjadi penyemangat bagi pemerintah kabupaten melaksanakan pembangunan yang semakin peduli HAM.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018