Paringin, (Antaranews Kalsel) - Bupati Kabupaten Balangan, H Ansharuddin mengungkapkan rasa syukurnya atas segala upaya para guru di wilayah kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam", yang telah berupaya memberikan kemajuan yang besar untuk dunia pendidikan.

Bukan hanya turut serta dalam mencapai visi-misi Kabupaten Balangan dalam meningkatkan SDM masyarakat dan dunia pendidikan, namun mereka telah pula berjuang untuk komitmen mencapai cita-cita Nawacita program pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, yakni menciptakan SDM yang berdaya saing tinggi, ujarnya.

"Hal ini dibuktikan dengan diserahkannya penghargaan Dwija Praja Nugraha, oleh Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo, pada puncak peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke 73 PGRI tahun 2018. Bertempat di Stadion Pekansari, Cibinog Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12) dengan disaksikan puluhan ribu perwakilan guru se Indonesia," tutur Bupati Balangan, H Ansharuddin.

Gubernur Kalsel, H Syahbirin Noor dan Bupat Balangan, H Ansharuddin, memamerkan penghargaan Dwija Praja Nugraha dari Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo. (Antara Kalsel/Roly Supriadi)


Sebuah apresiasi bagi pemerintah yang berhasil dalam memajukan dunia pendidikan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Paman Birin dan H Ansharuddin terima penghargaan Dwija Praja Nugraha, yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo.

Dwija Praja Nugraha adalah sebuah apresiasi tertinggi dari guru guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kepada kepala daerah yang memiliki komitmen teguh memajukan kualitas pendidikan dan mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru.

Untuk diketahui, ada sekitar 16 kepala daerah se Indonesia yang menerima penghargaan, meliputi dua Gubernur, lima Wali Kota dan sembilan Bupati. Dua gubernur itu adalah Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel dan Gubernur Kepulauan Riau.

Sedangkan satu-satunya dari perwakilan guru yang turut mengharumkan dan membanggakan Kalimantan Selatan dipersembahkan oleh Erni Juraina, Guru SMAN 4 Banjarmasin, yang berhasil menyabet juara pertama Festival Guru Menulis Tingkat Nasional 2018, Kategori Cerita Remaja.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya mengatakan, guru adalah tiang pondasi bangsa yang memiliki peran strategis dan berjasa bagi kemajuan bangsa, sekaligus sebagai agen perubahan.

"Pemerintah telah merubah strategi program pembangunan dari prioritas infrastruktur yang telah dipacu selama empat tahun terakhir, menuju peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan salah satu profesi yang menjadi agen perubahan itu adalah profesi guru," jelas Presiden RI, Ir H Joko Widodo.

Sementara itu Gubernur Kalsel, H Syahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh elemen pembangunan di Provinsi Kalimantan Selatan, baik legislatif maupun kelompok masyarakat, terkhusus kepada para guru.

"Terimakasih kepada para guru yang telah memiliki komitmen untuk memajukan dunia pendidikan di daerah. Pemerintah Daerah akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan hal ini merupakan salah satu wujud implementasi dari Visi Kalsel 2016-2021 yakni Kalsel Mandiri dan Terdepan (MAPAN), Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdikari dan Berdaya Saing," ucapnya.

Baca juga: Kabupaten Balangan terima penghargaan indeks kelola 2018

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018