Barabai, (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Tengah (HST) H Akhmad Tamzil menilai bahwa pasar yang bersih dan tertata dengan tertib dan rapi merupakan cerminan kota Barabai dan masyarakatnya yang sangat peduli terhadap lingkungan dan kebersihan.

Hal itu disampaikannya saat ikut melakukan penertiban pasar Keramat Barabai bersama tim gabungan sejak dini hari pukul 03.00 wita hingga siang hari, yang menurutnya pasar harus dibenahi dengan serius dan mendapatkan dukungan semua kalangan dan lapisan masyarakat, Kamis.

Sebagai Komandan Tim penertiban pasar (Timtibsar), Tamzil harus bekerja keras dan memutar otak tanpa mengenal lelah dan waktu untuk mengatasi kompleksitas permasalahan yang dihadapi para pedagang yang direlokasi. 

Disamping setiap hari harus menyelesaikan setumpuk tugas pekerjaan kantor, Tamzil dan tim harus selalu siap memantau dan mengatasi dinamika penertiban pasar yang tidak mudah dan berubah-ubah. 

"Kita menggangu zona nyaman para pedagang namun tujuannya untuk perbaikan bersama dan kita selalu mencoba mencarikan solusi dari banyaknya carut-marut pelanggaran aturan oleh pelaku pasar yang menjadi pokok permasalah," katanya 

Karena itu, Pihaknya mengaku terbiasa mengadapi protes, umpatan bahkan ancaman dari pedagang. "Kita hanya bekerja sesuai aturan dan ketentuan demi terciptanya ketertiban dan keindahan pasar," ujar Tamzil.

Dengan alasan kebersamaan dan keterbatasan dana yang minim, pihaknya menerjunkan pendampingan dari perwakilan seluruh OPD termasuk para camat beserta bawahannya yang pukul tiga subuh harus mengikuti gelar apel petugas penertiban. 

"Alhamdulillah berkat dukungan dan bimbingan dari Plt Bupati HST serta kebersamaan semua pihak, kita berhasil memasukan ratusan pedagang eceran ikan dan ayam potong ke blok D dan G  yang selama ini menjadi simpul carut-marut masalah di pasar," katanya. 

Dukungan penertiban dan pemindahan pedagang ke Pasar Agrobisnis pun terus mengalir, selain dari Forkopimdan dan alim ulama serta tokoh masyarakat, kepedulian juga datang dari berbagai unsur masyarakat lainnya. 

"Lanjutkan komitmen bersama untuk perbaikan di segala bidang secara umum, khusus pasar yang saat berbenah,  agar konsisten untuk keberlanjutan pembangunan di HST," ujar Ketua KTNA HST Muhammad Rumli.

Baca juga: DPW HST raih juara harapan tiga lomba paduan suara
Baca juga: Sekda Tamzil hadiri peringatan maulid di Polres HST
Baca juga: Tamzil Definitif Sekda HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018