Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pembangunan Monumen Tugu Adipura Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS) ditandai dengan pengecoran semen oleh Bupati HSS H.Achmad Fikry, diikuti Forkopimda HSS, Pj Sekda HSS Hubriansyah, para Kepala SKPD dan Camat Kandangan Ronaldy P Putra.

Bupati HSS H.Achmad Fikry, di Kandangan, Sabtu (10/11), mengatakan pembangunan tugu ini merupakan semangat untuk melihat keberhasilan, sekaligus memberikan motivasi untuk mempertahankan adipura sebagai lambang kebersihan kota.

"Monumen tugu ini akan mencantumkan penghargaan Adipura tahun 1996, 2016 dan 2017, apabila nanti mendapat penghargaan adipura lagi juga akan dicantumkan," katanya.

Dijelaskan dia, adipura bukan suatu tujuan tetapi tujuan sesungguhnya adalah bagaimana kota Kandangan dan sekitarnya tetap bersih,  mudah-mudahan menjadi pendorong penyemangat bagi generasi kedepan untuk lebih lagi menjaga kebersihan kota, serta bahwa Kota Kandangan pernah mendapat penghargaan adipura.

Pembangunan Monumen Tugu Adipura di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Video - Bundaran Lukah Iwak ikon kehidupan sosial warga Daha

Pembangunan ini juga wujud  syukur dan kebanggaan akan prestasi Kabupaten HSS serta untuk mengabadikannya dibangunnya Monumen Tugu Adipura Kabupaten HSS di Tahun Anggaran 2018.

Untuk menambah keindahan tugu akan dilengkapi dengan air mancur dan lampu RGB serta lima tiang bendera merah putih sebagai wujud rasa cinta tanah air dan bangsa, serta tentunya untuk menambah rasa Cinta HSS banua, bermanfaat dan menambah keindahan dan kenyamanan kota.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS MK Saputra, mengatakan ada beberapa bagian monumen tugu yakni, dua segmen pot bunga kiri dan kanan.

Dua segmen berupa dua  buah pot bunga menghiasi tugu monumen adipura, simbol dua unsur penilaian adipura yang harus dipenuhi untuk mencapai anugerah adipura, yaitu fisik dan non fisik.

"Lima kolam air mancur sebagai penyokong tugu mencerminkan jumlah rukun islam, sebagai landasan pondasi dalam setiap usaha mencapai cita-cita,"  katanya.
 

Pembangunan Monumen Tugu Adipura di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Video - Program kampung iklim HSS targetkan semua desa menjadi hijau

Selain itu, air mancur dan RGB LED serta bendera yaitu air mancur dengan RGB LED sebagai cerminan inovasi dan teknologi yang selalu akan diterapkan dalam setiap solusi melayani masyarakat HSS.

Sedangkan, bendera merah putih sebagai wujud rasa cinta tanah air dan bangsa serta tentunya untuk menambah rasa Cinta HSS, dihiasi  ornamen daun simbol HSS yang bersih  dan hijau.

"Ornamen daun melambangkan kehijauan keasrian, kehidupan dan kebersihan, yang menjadi cita-cita bersama mewujudkan HSS nang barasih wan hijau," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018