Paringin, (Antaranews Kalsel) - Musyawarah pengadaan dan pembebasan lahan untuk pembangunan Kawasan Penyangga (Buffer Zone) untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batu Merah, Kecamatan Lampihong, serta Kawasan Kebun Raya, di Kecamatan Paringin, ibukota Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berjalan lancar.

Musyawarah yang melibatkan Wakil Bupati Balangan, selaku Ketua Satgas Pembebasan Lahan untuk keperluan pembangunan, H Syaifullah, bersama para Stakeholder dan masyarakat pemilik lahan, berlangsung secara kekeluargaan di ruang Wakil Bupati Balangan, beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah dengan musyawarah secara kekeluargaan, warga pemilik lahan yang masuk dalam areal perencanaan kawasan pembangunan tersebut, menyepakati harga yang ditawarkan pemerintah," ujar Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah.

Dengan kesepakatan tersebut lanjut H Syaifullah, maka rencana pembangunan Kawasan Penyangga (Buffer Zone) untuk TPA Batu Merah serta Perluasan Kawasan Kebun Raya Balangan bisa segera terealisasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Balangan, Kamrani menyebutkan, masing-masing luasan lahan untuk Buffer Zone TPA Batu Merah seluas 1,2 hektar, dan Perluasan Kawasan Kebun Raya sekitar 2,6 hektar.

"Untuk lahan Buffer Zone TPA Batu Merah kita anggarkan Rp375 juta dan Perluasan Kawasan Kebun Raya sebesar Rp2,6 milyar. Setelah kesepakatan ini kita akan proses pembayarannya, sehingga lahan tersebut bisa segera dimanfaatkan serta direalisasikan," bebernya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018