Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dandim Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto menyampaian program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 1003 Kandangan dalam rangka pemerataan pembangunan di desa – desa di seluruh wilayah Indonesia.

Ia mengatakan, kegiatan TMMD di Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung yang  meliputi kegiatan fisik dan non fisik, dengan kegiatan fisik meliputi, pengerasan jalan sepanjang 1700 meter lebar empat meter dan perehaban dua sarana ibadah.

"Sedangkan kegiatan non fisik meliputi, melaksanakan pengarahan tentang wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air, melaksanakan pengarahan tentang pengetahuan peraturan berlalu lintas," katanya, saat memberikan keterangan pers, di Malilingin, Kamis (1/11).

Baca juga: Danrem: Rehab langgar tingkatkan kualitas hidup masyarakat bidang rohani

Selain itu, ada juga pengetahuan tentang pentingnya menjaga keamanan wilayah, Pengetahuan tentang bahaya narkoba dan miras, Pengetahuan tentang KB dan Pengetahuan tentang menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Babinsa Koramil 1003-02/Padang Batung Desa Malilingin Serda Lelek S Tiong, mengatakan dengan adanya program TMMD ini ada beberapa keuntungan yang di dapat, terutama pada kegiatan fisik.

Diantaranya, dengan jalan yang diaspal maka akan memudahkan akses jalan bagi masyarakat dalam berkendara, yang kedua, masyarakat yang mempunyai tanah kebun di sekitarnya akan mudah dan lebih besar keuntungannya dalam menjual hasil kebunnya.

"Karena akan mengurangi tenaga dan materi dengan dibukanya  jalan penghubung antara desa Malilingin dan desa Pariangan tersebut maka akan menambah nilai ekonomis wilayah di sekitarnya,” katanya.

Baca juga: Danrem naik trail kunjungi lokasi desa TMMD

Dijelaskan dia, harapan yang diinginkan dalam pelaksanaan TMMD ini terjalinnya komunikasi yang  baik antara warga dan TNI dan masyarakat mendukung kegiatan TMMD ini. 

Masyarakat harus ikut berperan dan berpartisipasi dalam TMMD ini agar terwujud apa yang menjadi harapan pemerintah dalam melaksanakan program pemerataan pembangunan, dan program TMMD ini tidak akan berhasil tanpa adanya keseriusan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018