Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Puluhan pengendara di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terjaring operasi Zebra Intan 2018 yang digelar Satlantas Polres HSS di sejumlah titik di wilayah HSS.

Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko melalui Kasat Lantas AKP Dana Setyana, di Kandangan, Selasa, (30/10), mengatakan pengendara yang terjaring razia karena tidak memiliki kelengkapan surat menyurat berkendara, hingga tidak menggunakan perlengkapan berkendara seperti, helm dan tidak memasang sabuk pengaman.

Baca juga: Tangkap penyetrum ikan Pemkab HSS akan berikan hadiah Rp3 Juta

"Giat razia di lapangan itu kami gelar setelah apel pasukan operasi zebra intan 2018 di halaman Polres HSS, dan operasi akan dilakukan baik pagi dan siang hari dengan total kekuatan untuk operasi di HSS ada 30 personil," katanya.

Dijelaskan dia, dalam giat operasi di wilayah Angkinang ada 45 pengendara yang melanggar aturan dan kebanyakan pengendara tidak melengkapi surat menyurat berkendara, tidak memakai helm dan muatan lebih..

Berdisiplin berlalu lintas harus dimulai sejak keluar rumah hingga sampai ke rumah untuk keselamatan pengendaranya, maka dengan adanya operasi zebra intan 2018 diharapkan masyarakat semakin disiplin dalam berlalu lintas dan selalu melengkapi surat menyurat kendaraan.

Baca juga: Berusaha seludupkan miras tahanan disanksi sebulan tidak boleh dijenguk

Adapun tujuan digelarnya giat opeasi ini untuk terciptanya keamanan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas, dan mengurangi angka lakalantas baik yang fatal dan meninggal dunia serta mencegah terjadinya tindak pidana di Jalan raya.

Ditambahkan dia, giat operasi zebra intan bentuk dari sosialisasi Undang-undang Nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan sehingga pengguna jalan makin disiplin dan tertib berlalu lintas.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018