Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018, di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan dan bertindak sebagai pembina upacara Bupati HSS H Achmad Fikry.

Ia mengatakan,semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

"Di mana komitmen kebangsaan mereka harus diteladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia," katanya, saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi, Senin (29/10) pagi.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Video - KNPI HSS gelar sosialisasi gerakan pemuda anti narkoba

Dijelaskan dia,bahwa Hari Sumpah Pemuda ke--90 ini mengambil tema "Bangun pemuda satukan Indonesia", tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri.

Jugademokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berlandaskan pancasila dan uud negara republik indonesia tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selanjutnya, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Penyerahan tropi dan hadiah lomba DPD KNPI HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: KNPI HSS gelar workshop kehumasan dan media massa

"Kamiberharap melalui peringatan ini, hendaknya selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita," katanya.

Diakhir upacara, Bupati HSS didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan Forkopimda menyerahkan berbagai hadiah pada lomba-lomba dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang dilaksanakan oleh DPD KNPI Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018