Barabai, (Antaranews Kalsel) - Tentara terpaksa harus membongkar rumah milik Sopyan (45) warga Desa Awang Rt 04/02 Kecamatan Batang Alai Utara (Batara) yang kondisi atapnya bocor dan dindingnya berlobang, Selasa (16/10).

Pasalnya Sopyan merupakan salah satu dari Tiga buah rumah sasaran pembangunan fisik bedah rumah program TMMD ke 103 tahun 2018 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang berlokasi di Desa Awang.

Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein menyampaikan rumah Sopyan memang sudah reot dan hampir sudah tidak layak lagi dijadikan tempat tinggal.

Kondisi atapnya yang terbuat dari daun rumbia sudah pada bocor dan jika hari hujan dipastikan penghuni rumah juga kehujanan.

Begitu juga dengan lantai dan dindingnya yang terbuat dari papan sudah mulai banyak yang berlobang dan rapuh hingga sangat berbahaya jika tidak diganti secepatnya.

Di rumah itu, Sopyan dan istrinya tinggal bersama tiga orang anaknya dan Dia bekerja hanya sebagai petani serta tidak mempunyai penghasilan tetap, sehingga untuk merehap rumah sendiri pun tidak mampu.

Dari program TMMD, rumah Sopyan akan dibangunkan berukuran 4x6 meter dan lengkap beserta WC dan atap seng yang lebih layak untuk mereka tinggali.

"Semoga dengan dibangunkan rumah yang lebih layak itu dapat menambah kebahagian bagi keluarganya dan lebih memotivasi mereka agar giat bekerja dan hidup menjadi lebih sukses," kata Dandim.

Sopyan mengaku sangat bahagia dan berterimakasih kepada jajaran Satgas TMMD yang telah merehab rumahnya dan berjanji akan merawat dan menjaganya sebaik mungkin.

"Kami sekeluarga sangat bersyukur, ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan dan bisa terwujud mendapatkan rumah bagus yang tidak pernah kami perkirakan sebelumnya," katanya.

Baca juga: TMMD ke-103 di HST, bangun jalan sepanjang 2,1 Km
Baca juga: Tingkatkan kebersamaan TNI-POLRI-ASN olahraga bersama

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018