Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel)  - Tempat Uji Kompetensi (TUK)  Kharisma Banjarmasin menggelar Uji Kompetensi (UJK) bagi 45 peserta dalam program beasiswa bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dirjen PAUD dan DIKMAS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekretaris Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Otomotif Teknik Sepeda Motor Kharisma Banjarmasin Ermansyah,  di Banjarmasin,  Rabu (10/10), mengatakan tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan dan pengakuan kompetensi masyarakat Banjarmasin, dalam bidang otomotif khususnya teknik sepeda motor jenjang 2 KKNI.

"Untuk tindak lanjut dari uji kompetensi selanjutnya bagi peserta yang kompeten akan mendapatkan sertifikat kompetensi jenjang 2 KKNI berlogo garuda emas yang diterbitkan oleh Kemdikbud RI dan uji kompetensi ini kali pertama dilaksanakan di TUK LSK Otomotif Teknik Sepeda Motor Kharisma Banjarmasin," katanya.

Dijelaskan dia,  UJK tersebut di gelar selama dua hari dari tanggal 7 sampai 8 Oktober 2018, bertempat di LSK Otomotif Teknik Sepeda Motor Kharisma Banjarmasin yang diketuai Joko Margono,  juga merupakan sarana untuk melakukan evaluasi terhadap kecakapan dan pengalaman kerja peserta untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi. 

Selain itu,  program ini  diharapkan untuk membantu masyarakat sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha di bidang otomotif, menambah kepercayaan masyarakat terhadap usaha yang nantinya dikelola dari lulusan UJK.

Ditambahkan dia,  dalam waktu yang bersamaan dilaksanakan juga uji kompetensi di Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Lumajang, Jawa  Timur dan Yogjakarta  dan  untuk penguji di TUK Kharisma Banjarmasin oleh Mawardi dari Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018