Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) HSS melaksanakan ekspose pendahuluan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten HSS.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Selasa (9/10), mengatakan tentang filosofis makna visi Sehati Plus Cinta, yang merupakan acuan dalam penyusunan RPJMD untuk periode 2018-2023.

Ekspose pendahuluan rancangan awal Rencana Pembangunan
Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS buka sosialisasi Simda perencanaan

"Segala sektor pembangunan hendaknya disesuaikan dengan Visi dan misi yang sudah dirancang Pak Bupati bersama kami, yakni menuju kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis (Cinta) untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat," katanya.

Dijelaskan dia, ujung terakhir semuanya bermuara pada pembangunan yang diinginkan, yaitu meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan bagi masyarakat HSS bisa tercapai.

Sebagaimana diketahui Bupati dan Wakil Bupati HSS H. Achmad Fikry  dan Syamsuri Arsyad, mengusung tema Sehati plus Cinta, yang terdiri atas ada 5 misi, 8 tujuan, 22 sasaran, 49 indikator sasaran dan 105 progra dan inilah yang harus diterjemahkan dalam.pembangunan HSS 5 tahun ke depan.

Kepala Bappelitbangda H.Iwan Friady, mengatakan bahwa ekspose pendahuluan rancangan awal RPJMD ini merupakan salah satu rangkaian persiapan, dalam penyusunan RPJMD, yang dimulai dari tahapan penyusunan RPJMD stenografi, KLHS RPJMD, dan sekarang mulai masuk pada ekspose pendahuluan rancangan awal RPJMD.
 

Ekspose pendahuluan rancangan awal Rencana Pembangunan
Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: HSS gelar Rakor penanggulangan kemiskinan

"Ada beberapa agenda yang harus dilaksanakan pada bulan oktober, yakni ekspose awal RPJMD kepada SKPD dan Tim Sehati Plus Cinta HSS, kemudian dari tim penyusun Rancangan Awal RPJMD akan ekspose ke Provinsi Kalsel, setelah disepakati bersama serta temu publik yang akan menyampaikan visi, misi, program, sasaran dan lain sebagainya," katanya.

Dijelaskan dia, rencananya RPJMD pada bulan Januari sudah disampaikan ke DPRD HSS bersamaan dengan penyusunan rencana kerja tahun 2020, untuk rancangan awal RPJMD ini sudah mengacu pada visi misi Bupati terpilih, baik pada saat kampanye maupun ekspose di KPU Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018