Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama Perum Bulog, meresmikan sebuah toko bahan pokok di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin. Toko ini bertujuan menjaga keseimbangan harga pasar.

Toko tersebut, kata Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat meresmikannya, Kamis, diberi nama "Toko Pangan Kita" yang menyediakan sejumlah bahan pokok dengan harga murah, terjangkau.

"Di toko ini semua barang sembako seperti telor, minyak goreng, beras dan lainnya, di jual dengan harga grosir bahkan bisa dibeli eceran dengan harga sesuai pasaran," tuturnya.

Menurutnya, dengan disediakannya toko tersebut, para pedagang sekitar pasar dan masyarakat, bisa membeli berbagai kebutuhan sembako untuk di jual kembali atau masyarakat yang membeli secara eceran.

"Harganya tentu lebih murah, karena barangnya disediakan langsung oleh para distributor dan bulog," ungkapnya.

Diharapkan katanya, keberadaan toko tersebut bisa ikut membantu pemerintah dalam upaya menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok di pasaran. Terutama di saat terjadinya lonjakan harga pasar.

"Lonjakan harga bisa terjadi karena ketersedian barang yang kurang, atau perilaku oknum pedagang. Tapi kalau di sini, Bulog yang menjamin ketersediaan barang untuk di jual. Jadi sebagai penyeimbang," ucapnya.

Terkait posisi atau letak toko pangan yang berada di los kios deratan tengah-tengah pasar, Ibnu Sina menyebut, sengaja di pilih agar memudahkan para pedagang dan pembeli yang ingin berbelanja di toko tersebut.      

"Jadi aksesnya bisa dari mana saja, yang penting bisa di capai dengan mudah. Letaknya ada di tengah pertokoan pasar ini," sebutnya.

Ke depan tambahnya, toko serupa akan disediakan pula di beberapa pasar lainnya. Termasuk di kawasan Pasar Lama, dalam waktu dekat juga akan disediakan oleh TPID bersama Perum Bulog setempat.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018