Pelaihari, (Antaranews Kalsel)-Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta menghadiri kegiatan gerakan percepatan tanam padi lahan kering dan optimalisasi pemanfaatan lahan dan temu lapang penerapan teknologi peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, di Desa Kandangan Lama,  Kecamatan Panyipatan, Kamis (4/10).


Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan, semangat pemerintah harus diiringi dengan semangat para petani di Bumi Tuntung Pandang.

"Saya lihat kemajuan pola pikir dan semangat menanam warga Kandangan Lama sudah terjadi perubahan yang sangat luar biasa," ucap Bupati Tanah Laut H Sukamta.

Terkait dengan asuransi pertanian, bupati  mengimbau,  agar para petani mengasuransikan lahan pertaniannya.

"1 hektare cuman Rp36 ribu, sayang petani kita tidak ikut asuransi pertanian," jelasnya.

Disela-sela kegiatan itu turut diserahkan bantuan kegiatan pemerintah pusat bersumber dari APBN 2018 berupa pengembangan bawang merah dan aneka cabai tahun 2018.

Untuk pengembangan bawang merah diserahkan bibit bawang merah kepada Kelompok Tani Bina Tani Desa Batu Tungku, Kelompok Tani Sinar Tani Desa Bumi Asih dan Kelompok Tani Abadi Desa Batu Tungku.

Sementara untuk pengembangan aneka cabai, bantuan berupa bibit cabai diserahkan kepada Kelompok Tani Sekar Sari Desa Sukaramah.

Selain itu, juga diserahkan alat dan mesin pertanian  berupa,  kultivator sebanyak dua buah untuk Poktan Sumber Rejeki II Desa Batu Mulia dan Poktan Bailung  Desa Kandangan Lama serta penyerahan Benih padi untuk Poktan Teluk Rambai, benih jagung untuk Poktan Paku.

Kemudian,  juga diserahkan handtractor untuk Kelompok Tani Batang Banyu Ulu , Pompa Air untuk Kelompok Tani Tunas Mandiri, Alat Pengolahan Asap Cair untuk Gapoktan Karya Bersama.

Masih dalam rangkaian acara, juga diserahkan klaim asuransi usaha tani padi dari PT Jasindo  kepada Poktan Putri Mayang sebesar Rp 102 juta, Poktan Berkat Mufakat sebesar Rp 211,8 juta, Poktan Mayang Maurai sebesar Rp 115,920 juta , Poktan Cinta Maju sebesar 37,8 juta serta Poktan Karya Maju sebesar Rp 31,56 juta.

Turut hadir di acara tersebut  Direktur Persiapan dan Pengolahan Lahan Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian, Kementrian Pertanian RI Indah Megawati, Dandim 1009/Plh Letkol Inf Bagus Budi Adrianto, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Mustadi, Camat Panyipatan Sahid serta para Poktan dan masyarakat Desa Kandangan Lama.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018