Paringin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, memasang videotron yang memuat  informasi harga daging, ikan, sayur mayur, kebutuhan pokok hingga harga mie instan di pasar modern Paringin.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, Zainal AA, Rabu (3/10) mengatakan, viedotron  yang berisi daftar perkembangan harga barang id pasar tersebut, untuk mengontrol harga pasar, sekaligus antisipasi  agar tidak terjadi lonjakan terlalu besar.

"Paling tidak itu akan membantu warga dan pedagang dalam menentukan harga pasar, baik daging, ikan, sayur mayur, beras, minyak goreng, gula, sembako lainnya, bahkan hingga mie instans. Paling tidak, ketika ada lonjakan harga tidak akan naik terlalu jauh dari harga-harga tersebut," tuturnya.

Sementara itu untuk pengelolaan dan update harga pasaran lanjut Zainal, merupakan tugas Upt Pasar yang akan mendata serta update harga-harga kebutuhan tersebut.

"Ini hanya permulaan, InsyaAllah akan kita upayakan di pasar-pasar lainnya, seperti Pasar Kecamatan Halong, Batumandi dan Lampihong," terangnya.

Sementara itu Kepala Upt Pasar, Ihsan mengatakan, update harga pasar tersebut sangat berfungsi saat ada gejolak isu kenaikan harga.

"Update harga di videotron pasar ini sangat berfungsi ketika ada gejolak isu kenaikan harga kebutuhan pokok warga, sementara untuk di hari-hari normal tidak akan terlalu berpengaruh besar," jelasnya.

Paling tidak lanjutnya, kenaikan harga tidak akan terlalu besar selisihnya dengan update harga di videotron, ini akan membantu warga terkait transfaransi harga-harga kebutuhan di Pasar Modern Paringin, pungkasnya.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018