Marabahan, (Antaranews Kalsel)-Bumi Perkemahan Bina Anak Bangsa Desa Danda Jaya,  Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan  dipenuhi kemah pramuka.


“Sedikitnya 872 anggota pramuka penggalang dan penegak se- Barito Kuala (Batola) ikut ambil bagian dalam kegiatan,” ujar  Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor.

Menurut dia, mereka berasal dari  480 anggota pramuka penggalang putra dan putri serta 392 anggota pramuka penegak putra dan putri se-Batola turut berpartisipasi.

“Jumlah ini belum termasuk 16 pembina dan 70 panitia yang turut hadir mengikuti kegiatan,” ucapnya.

Perkemahan Akbar Pramuka Penggalang dan Penegak tersebut, jelas dia,  dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-57 Tahun 2018.

“Semoga peringatan hari pramuka ini dapat memotivasi semangat dan mempercepat kemandirian gerakan pramuka untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda, sebagai calon pemimpin bangsa masa depan handal dan lebih baik,” katanya.

Menyinggung pelaksanaan perkemahan, Wabup yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Batola itu menyatakan,  sangat menyambut baik.

Mengingat melalui kegiatan tersebut, terang dia, di samping dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan juga menjadi sarana melatih dan mengembangkan kemampuan dalam mengatasi tantangan yang baik secara pribadi maupun kelompok.

Hal lainnya, sebut  wabup, melalui kegiatan akan menumbuhkembangkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekitar sehingga akan memunculkan sikap dan tanggungjawab akan masa depan serta menghormati keseimbangan.

“Kita tahu gerakan pramuka memiliki tujuan mendidik anak-anak dan pemuda di samping sebagai wadah membentuk watak dan karakter juga sebagai sarana memupuk rasa cinta tanah air dan bela negara,” ungkapnya.

Sebagai organisasi non formal, tegas dia, perlu kegiatan-kegiatan yang salah satunya bersifat perlombaan dan persahabatan yang terangkum dalam lomba giat prestasi penegak dan kemah serta lomba pramuka penggalang yang akan dapat menggali potensi dan bakat demi tumbuh dan berkembangnya gerakan pramuka.

Oleh karena itu, dia berharap,  kepada seluruh gerakan pramuka agar benar-benar mengoptimalkan kemampuan mengingat pembangunan karakter dan SDM sebagai penentu kebersilan pembangunan.

“Mari kita rapatkan barisan secara sinergis untuk mempercepat terwujudnya kaum muda Indonesia yang berkpribadian, baik karakter, watak, handal dalam berpikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” ajaknya.

Di akhir acara, Wabup didaulat untuk berdialog dengan para anggota pramuka penggalang dan penegak. Dalam wejangannya wabup mengimbau,  kepada adik-adik pramuka untuk memanfaatkan kegiatan dengan sebaik-baiknya karena akan sangat berguna di masa yang akan datang.

“Dalam pramuka selain diajarkan kemandirian, kalian juga diajarkan tentang soledaritas, kedisiplinan, mencintai alam, bertahan hidup, dan melakukan penghijauan. Jika kalian sudah melaksanakan semua ini,  maka Insya Allah hidup kalian akan bermanfaat,” tandasnya.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018