Kandangan, (Antaranews Kalsel) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melakukan peninjauan dan memberikan bantuan untuk para korban kebakaran di Mandampa, Desa Lokbinuang, Kecamatan Telaga Langsat.

Ia mengatakan, bantuan yang diserahkan ini adalah bantuan tahap awal untuk meringankan beban masyarakatnya yang tertimpa musibah,untuk selanjutnya akan di upayakan agar para korban bisa diberikan bantuan berupa rumah sederhana.

"Bantuan rumah sederhana ini tentunya bertujuan agar para korban musibah kebakaran tidak terlalu lama tinggal di tenda-tenda penampungan sementara," katanya, disela kegiatan peninjauan dan penyerahanan bantuan di lokasi kebakaran, Senin (24/9).
 

Bupati HSS H Achmad Fikry serahkan bantuan untuk korban kebakaran (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kebakaran Mandampa Lokbinuang hanguskan delapan buah rumah

Adapun bantuan yang diserahkan antaralain, berupa paket sembako dan peralatan rumah tangga dan diterima para keluarga korban yang sebelumnya mengalami musibah kebakaran  yang menghanguskan delapan buah rumah.

Bantuan yang diberikan merupakan wujud perhatian dari Bupati HSS terhadap tujuh Kepala Keluarga (KK) dengan 20 jiwa yang kehilangan tempat tinggalnya maupun mengalami kerusakan 50 persen, kebakaran terjadi pada Senin (24/9) pukul 03.45 Wita.

Api dapat di padamkan sekitar Pukul 05.15 Wita oleh sekitar 20 Unit BPK dari Barabai, Kabupaten  Hulu Sungai Tengah (HST) dan HSS, total kerugian karena peristiwa tersebut ditaksir mencapai Rp830 juta.
 

Puing-puing bekas kebakaran  (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kebakaran hutan dan lahan HSS belum berdampak kabut asap

Sementara itu, untuk penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan oleh Polres HSS dengan dugaan sementara api berasal dari rumah warga Kasman yang kemudian dengan cepat menyebar ke rumah lainnya di sekitarnya.

Turut mendampingi dalam penyerahan bantuan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Efran dan Kepala Dinas Sosial Hj Siti Erma.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018