Marabahan, (Antaranesw Kalsel)-Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Purkan mengatakan, pada tahun anggaran 2018 Pemerintah Kabupaten Barito Kuala membangun dua buah pasar.

 “Pembangunan dua buah pasar tersebut yakni, Pasar Marabahan Timur dan Pasar Wangkang,”ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Barito Kuala H Purkan, di Marabahan, Rabu.

Menurut dia, untuk pembangunan Pasar Marabahan Timur anggarannya berasal dari tugas pembantuan Kementerian Perdagangan RI tahun 2018 sebesar Rp5,6 miliar.
 
Dijelaskannya, kapasitas Pasar Marabahan Timur yang saat ini dalam tahapan pembangunan mampu menampung  sebanyak 198 kios dan 35 toko.

Selain pembangunan Pasar Marabahan Timur, sebut dia, pemerintah kabupaten juga membangunan Pasar Wangkang yang anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Barito Kuala sebesar Rp4,2 miliar.

Pembangunan pasar tersebut, ucap dia,  diperuntukan bagi  pedagang ikan dengan jumlah los mencapai seratus buah.

Purkan memperkirakan, jumlah los ikan terbangun di lokasi Pasar Wangkang itu mampu mengakomodir seluruh pedagang ikan yang ada, sehingga tidak ada lagi yang berjualan diluar los, pinggir jalan maupun lokasi lainnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, saat ini pihaknya juga mengajukan usulan renovasi bilik Pasar Wangkang  ke  Kementerian Perdagangan RI dengan nilai Rp6 miliar.

“Kita berharap Kementerian Perdagangan RI dapat menyetujui usulan itu, sehingga Pemkab Barito Kuala  kembali melakukan renovasi terhadap bilik Pasar Wangkang,”tandasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018