Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Untuk meningkatkan jumlah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terakreditasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Dinas Pendidikan (Disdik) HSS melalui Bidang PAUD dan Dikmas melaksanakan kegiatan supervisi satuan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas).

Kabid PAUD dan Dikmas Disdik HSS, Zainal Abidin, di Kandangan, Jum'at (7/9), mengatakan supervisi tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Pengembangan PAUD dan DIkmas Kalimantan Selatan (Kalsel) dan merupakan tindak lanjut dari kegiatan pemetaan mutu.

"Supervisi diikuti antusias para peserta, jumlahnya malah melebihi undangan yang kita berikan baik dari unsur guru maupun pengelolanya mereka bersama-sama mengikuti kegiatan tersebut sebagai bekal untuk membenahi penyelenggaraan pendidikan sesuai standar," katanya, saat memberikan keterangan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jumlah Unit PAUD HSS Meningkat

Dijelaskan dia, saat ini sudah ada 31 Taman Kanak-kanak (TK), delapan Kelombok Bermain(KB), satu Tempat Penitipan Anak (TPA)  yang  terakreditasi dari total jumlah PAUD se Kabupaten HSS sebanyak 299 unit dan tersebar di sebelas kecamatan, baik itu berbentuk TK, KB, TPA dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Supervisi menjadi penting bagi lembaga, agar mengetahui kondisi riil yang ada apakah sesuai dengan standar pendidikan atau belum, upaya melengkapi dan dan membenahi kekurangan dan narasumber memberikan pendampingan bersifat teori maupun praktik.

Kedepannya, pihak dia kembali mengusulkan ada 39 lembaga untuk diakreditasi dan difasilitasi BP PAUD Dikmas Kalsel dan ini sejalan dengan target akan ditahun 2020 mendatang semua PAUD bisa terakreditasi.

Baca juga: Dua Siswi HSS Wakili Kalsel Lomba Tingkat Nasional

Untuk penyaluran Bantuan Operasional Penyelenggaran (BOP) PAUD di HSS, diinformasikan dia telah tersalur untuk 282 lembaga PAUD baik swasta maupun negeri, dengan besaran Rp600 ribu persiswa.

"Penyaluran BOP PAUD dilakukan langsung ke rekening lembaga, pihak kita hanya melakukan verifikasi atas lembaga penerima bantuan tersebut," katanya.

Selain itu, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di HSS juga terus berkembang dengan adanya 15 lembaga yang telah berdiri dan salah satunya yakni PKBM Serumpun, Padang Batung tahun ini menerima bantuan program Kampung Literasi dari Kemdikbud RI.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018