Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Korem 101/Antasari berhasil mencatatkan 8.000 peserta tari massal Gemu Famire dalam mendukung pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang serentak seluruh tanah air.

"Pemecahan rekor ini dilakukan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-73 TNI," terang Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, Selasa.

Menurut Putra, Korem 101/Antasari bersama seluruh satuan jajaran di Kalsel kompak melaksanakan senam Gemu Famire yang menjadi bagian dari 18 ribu peserta untuk Kodam VI/Mulawarman dari target seluruh Indonesia sebanyak 346.829 orang.

"Bapak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur telah menerima rekor dunia dari CEO MURI Jaya Suprana, karena MURI meyakini Tari Gemu Famire dengan jumlah terbanyak baru kali pertama digelar," jelas Putra.
Pada pelaksanaan senam Gemu Famire di Stadion 17 Mei Banjarmasin pada Selasa pagi yang dimulai tepat pukul 08.00 WITA, ribuan peserta membentuk tulisan "HUT TNI ke-73".

Selain dari prajurit gabungan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, nampak juga istri-istri prajurit yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri dan PIA Ardhya Garini.

Bahkan turut hadir juga sejumlah organisasi kemasyarakatan dan pemuda, Pramuka, siswa-siswa binaan TNI serta Polri yang meramaikan senam massal Gemu Famire.

Adapun petinggi TNI yang hadir selain Danrem dan Komandan Kodim serta Komandan Batalyon jajaran, terlihat juga Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto dan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko.
Danrem menyatakan, senam yang berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timur itu bisa menciptakan kekompakan dan keserasian gerak yang menunjukan keindahan dan kegembiraan.

Sehingga menurut Putra, kebersamaan yang terjalin dalam senam Gemu Famire membuat kebhinekaan terjalin kokoh untuk kekuatan bangsa.

"Di sisi lain, kesehatan tidak bisa dibeli oleh apapun. Jika semua sehat dan gembira, bekerja juga semangat dan hasilnya pun maksimal," pungkas Putra.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018