Rantau,  (Antaranews Kalsel)- Minat baca masyarakat Tapin terus meningkat,  terlihat dari kunjugan di perpustakaan daerah Kabupaten Tapin hampir setiap tahun mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusarsip) Kabupaten Tapin pengunjung perpustakaan daerah hingga Juli 2018 tadi sebanyak 15.135 orang. Sedangkan di bulan yang sama tahun 2017 lalu hanya 12.485 orang saja.


“Ini artinya ada peningkatan kunjungan masyarakat ke perpustakaan sebanyak 2.650 orang,” ujar Kepala Disperpusarsip Tapin Zainal Abidin di Rantau,  Selasa (4/9).

Upaya meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpusrakaan,  Disperpusarsip Kabupaten Tapin terus menambah koleksi buku yang disediakan. 

"Jika jumlah buku tahun 2017 tadi sekitar 18.150 buku, di tahun ini bertambah sekitar 800 koleksi buku," ujarnya. 

Diakui Zainal, dari total pengunjung sebanyak 15.135 orang ke perpustakaan daerah di Kabupaten Tapin masih di dominasi dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Kebanyakan yang datang itu dari kalangan pelajar,  disusul dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat umum,” ujarnya lagi.

Zainal yakin meningkatkannya kunjungan perpustakaan daerah ini tidak lepas dari sosialisasi dan promo yang dilakukan seperti mengundang semua sekolah taman kanak-kanak yang ada di Kabupaten Tapin untuk belajar bersama di perpustakaan daerah.

“Alhamdulillah promo dengan memasang baliho dan spanduk sampai mengundang pihak sekolah dapat terus meningkatkan kunjungan ke sekolah,” ucapnya.

 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018