Marabahab, (Antaranews Kalsel)-Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018 di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan kurang dari dua bulan lagi akan digelar.


Peringatan  berlangsung 18-21 Oktober 2018 itu harus sukses, mengingat pelaksanaannya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan para duta besar dunia.  

Dalam kaitan itu, Wakil Bupati Barito Kuala  H Rahmadian Noor menginstruksikan seluruh SKPD  terlibat langsung maupun tidak untuk benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya secara matang.

“Saya tidak ingin saat pelaksanaan nantinya terjadi ketidaksiapan yang dapat mengganggu jalannya kegiatan,” tegas Rahmadian Noor saat memimpin Upacara Bendera Awal Bulan September di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (3/9).

Wabup mengutarakan, untuk sawah masih terdapat yang pelaksanaannya menunggu petani panen padi lokal, sementara beberapa item lainnya perlu persiapan maksimal berupa pekerjaan di luar areal persawahan seperti,  pekerjaan lingkungan rumah, pengecatan, bedah rumah, jembatan-jembatan, jalan dan lainnya segera penyelesaian.

Rahmadi menekankan, seluruh pekerjaan harus selesai pengerjaannya sejak awal hari H pelaksanaan.

“Jika peringatan HPS dilaksanakan tanggal 18 Oktober 2018 saya harapkan minggu pertama  Oktober semua pekerjaan sudah harus selesai termasuk jalan yang saat ini dalam proses lelang,” katanya.

Wabup menghendaki dari sekarang segala pembicaraan menyangkut pelaksanaan HPS hendaknya dibicarakan di lokasi HPS Desa Jejangkit Muara,  agar jika terdapat kekurangan bisa terlihat dan langsung diambil tindakan nyata.

Jika ada keterlambatan, lanjut dia, hendaknya segera dilakukan evaluasi supaya bisa dilakukan percepatan dan bisa selesai sesuai yang diharapkan.

Mengingat waktu yang ada sekarang, sebut dia,  sudah berada di penghujung yang membutuhkan penanganan super ekstra.

“Bagi kita peringatan HPS ini merupakan pekerjaan yang harus sukses. Lebih-lebih kegiatannya dihadiri langsung presiden dan para duta besar yang membawa pertaruhan bagi daerah kita,” katanya.

Kepada para pimpinan SKPD wabup minta,  mulai sekarang untuk sering mengunjungi lokasi HPS Jejangkit Muara.

“Paling tidak dua atau tiga kali minggu sekali para pimpinan SKPD untuk berkunjung ke sana mengingat waktu pelaksanaan tinggal menghitung hari,” pintanya.



 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018