Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rachmat Mulyana mengaku bangga atas torehan banyak prestasi dari para Polisi Wanita (Polwan) saat ini.

"Di momentum ulang tahun ke-70, sudah banyak prestasi yang diraih Polwan Polda Kalsel, saya tentu bangga," terang Kapolda, Senin.

Hal itu dikatakannya usai memimpin upacara peringatan HUT Ke-70 Polwan Republik Indonesia di lapangan apel Mapolda Kalsel. Menurut Rachmat, prestasi tak hanya di bidang tugas, namun para srikandi Polri juga berhasil membawa nama harum Polda Kalsel lewat bidang olahraga dan kegiatan lainnya yang bersifat sosial.
Jenderal bintang dua itu juga menegaskan, jika soal gender telah dihilangkan di institusi Polri. Karena kebijakan Kapolri siapa pun yang profesional dan mumpuni bisa menduduki tugas dan jabatan baik itu Polki maupun seorang Polwan.

"Sekarang sudah banyak para Kasat, Kapolsek, Wakapolres hingga Kapolres diemban oleh Polwan. Jadi benar-benar bersaing secara positif antara Polki dan Polwan berdasarkan kemampuan dan kompetensinya," papar Rachmat menekankan.

Kapolda pun berharap kedepannya Polwan di jajaran Polda Kalsel bisa lebih tampil lagi untuk menorehkan prestasi di segala bidang dan membuktikan diri bahwa Polwan tidak sekadar "pemanis" di tubuh Polri.

"Sesuai dengan tema HUT Polwan tahun ini, yakni Polwan Promoter Siap Menyukseskan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019, berarti konsekuensinya kedepan harus lebih baik lagi dan siap menghadapi dinamika tugas yang semakin kompleks," pungkas Rachmat.
Pada puncak peringatan HUT Polwan yang lahir tepat pada tanggal 1 September 1948, para srikandi Polda Kalsel menampilkan beragam atraksi menarik.

Seperti atraksi kolone senapan, tarian tradisional khas Suku Banjar dan juga Suku Dayak serta Goyang Tabelo serentak yang diikuti sebanyak 519 Polwan dari 13 Polres jajaran Polda Kalsel.

Sejumlah Polwan juga mengenakan kostum unik seperti mahkota etnik Dayak danikat kepala bermanik-manik yang dipercantik dengan hiasan bulu-bulu yang menjulang.
Padakesempatan itu juga dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolda Kalsel bersama Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan Hj Ati Rachmat Mulyana.

Kemudian juga pelepasan balon ke udara yang membawa terbang kain merah putih bertuliskan Polisi Wanita RI ke-70.
Sedangkan pada saat upacara yang dikomandani Kasubdit IV Remaja, Anak dan Wanita (Renakta) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel AKBP Siti Zubaidah dengan inspektur upacara Kapolda Kalsel Irjen Pol Rachmat Mulyana berlangsung khidmat.

Pakor Polwan Polda Kalsel AKBP Sawitri mengucapkan terima kasih kepada Kapolda dan Ketua Bhayangkari atas segala dukungannya selama ini untuk kemajuan Polwan, sehingga bisa berprestasi dan menunjukkan eksistensinya di tengah masyarakat.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018