Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Petani asal Desa Karang Mulya, Kecamatan Kusan Hulu, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan Marjuni memberikan bantuan alat tanam cepat Tabela kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Sabtu (1/9).


"Alat tanam cepat Tabela merupakan singkatan tanam benih langsung sudah kami terapkan di Kecamatan Kusan Hulu dan hasilnya cukup memuaskan," ujar petani Desa Karang Mulya, Kecamatan Kusan Hulu Marjuni.

Menurut dia, alat tanam cepat yang dipergunakan petani di daerahnya itu terutama sekali membantu percepatan tanam padi di sawah dan mengurangi biaya upah tanam.

"Alat ini kami gunakan sejak tahun 2011. Ide awal pembuatannya dari petani yang sedang melakukan penanaman padi sistem tugal," terangnya.

Dia berharap, dengan bantuan alat tanam cepat Tabela dapat mempercepat tanam padi di areal persawahan rawa tempat pelaksanaan Hari Pangan Sedunia 2018, di Desa Jejangkit Muara, Barito Kuala.

"Saya optimis penanaman padi di areal Hari Pangan Sedunia 2018 sisa 1,5 bulan ini dapat terlaksana dengan baik," tegasnya.

Terpisah, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengucapkan terimakasih atas bantuan alat tanam cepat Tabela tersebut.

Dia berharap, sisa waktu 1,5 bulan penanaman padi di areal Hari Pangan Sedunia 2018 dapat terwujud sesuai target.

"Saya juga berterimakasih kepada Bank Indonesia Kalsel ikut berpartisipasi ikut menanam padi di lokasi ini," tuturnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018