Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Penjabat(Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Dahnial Kifli  menghadiri kegiatan malam grand final pemilihan Utuh Aluh Tahun 2018, bertempat di Lapangan terbuka Dharmansyah Djauhidie.

Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, di Kandangan, Sabtu (25/8), mengatakan tujuan diadakannya pemilihan Utuh Aluh tahun 2018 adalah untuk mewadahi dan menumbuhkan motivasi generasi muda dalam upaya mengenalkan dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah.

"Membekali dan memberikan pengetahuan kepada generasi muda mengenai keragaman seni dan budaya potensi pariwisata serta pembangunan pemerintah Kabupaten HSS," katanya.

 

Malam grand final pemilihan Utuh Aluh Tahun 2018 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Grand Final Utuh Aluh HSS digelar 25 Agustus 2018

Selain itu, kegiatan ini dalam upaya untuk membina karakter generasi muda HSS sehingga mereka memiliki jati diri, mampu mengangkat citra positif serta dapat mempromosikan potensi yang dimiliki Kabupaten HSS.

Pj Bupati HSS, mengatakan agar seluruh peserta pemilihan Utuh Aluh tahun 2018 dalam ajang ini selain melestarikan budaya daerah juga untuk mengembangkan potensi, bakat, kreatifitas dan juga kecerdasan pada generasi muda.

"Diharapkan ajang pemilihan Utuh dan Aluh ini dapat menghasilkan duta wisata yang mampu mempromosikan dunia wisata Kabupaten HSS dan mengajak warga untuk menjaga budaya sendiri," katanya, saat memberikan sambutan.

Menurut dia, kedepannya  agar kegiatan pemilihan ini tidak hanya menjadi rutinitas, namun hendaknya terus dilakukan perbaikan dan pengaturan program bagi para Utuh dan Aluh, agar setelah selesai menjadi utuh dan aluh mereka masih dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di daerah.
 

Malam grand final pemilihan Utuh Aluh Tahun 2018 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pawadahan Nanang Galuh HSS Bersihkan Benteng Madang

Ia berkesempatan memperkenalkan sosok seorang penulis kelahiran HSS Mira, yang telah menulis sebuah cerpen yang nantinya akan difilmkan dengan judul "Jendela seribu sungai" dan disutradarai oleh sutradara yang sebelumnya telah mensutradarai film laskar pelangi.

Adapun penyandang predikat Utuh Aluh dengan presentasi terbaik dimenangkan oleh Utuh Ali Akbar, sedangkan penyandang predikat Utuh Aluh berbakat dimenangkan oleh Utuh Muhammad Syarif.

Adapun jawara pada pemilihan Utuh Aluh 2018 ini jatuh kepada Utuh Muhammad Zairullah  dari perwakilan MAN 2 Kandangan dan Aluh Maulidiya Ananda  dari perwakilan SMAN 1 Kandangan.

Dan untuk rincian wakil utuh aluh tahun 2018 yakni, wakil 5 jatuh kepada utuh Ali Akbar dan aluh Rezkia Nurliati, wakil 4 jatuh kepada utuh Muhammad Yusuf dan aluh Novia Ardana.
 

Malam grand final pemilihan Utuh Aluh Tahun 2018 (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dahnial Kifli hadiri rapat persiapan pemilihan Nanang Galuh HSS

Wakil 3 jatuh kepada utuh Muhammad Syarif dan aluh Nur Syevara Arianti, wakil 2 jatuh kepada utuh Muhammad Iqbal dan aluh Sita Rizky Nurhidayah dan wakil 1 jatuh kepada utuh Muhammad Alifullah dan aluh Anisa.

Turut hadir dalam kegiatan ini Forum Koordinasi Pimpinan Daerah HSS, para kepala SKPD di lingkungan Pemkab HSS, Camat Kandangan Ronaldy P Putra  serta para pendukung grand finalis pemilihan Utuh Aluh 2018.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018