Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Nadjmi Adhani mengatakan, pihaknya mendorong agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) semakin maju dan mampu berkembang lebih besar. 
   
 "Usaha mikro, kecil dan menengah menjadi penopang perekonomian masyarakat sehingga kami terus mendorongnya agar semakin maju dan lebih berkembang," ujarnya di Kota Banjarbaru, Sabtu. 
     
Ia mengatakan, salah satu upaya mendorong pengembangan UKM melalui Gebyar UKM Indonesia 2018 dengan tema "UKM jaman now" yang dilaksanakan di Aula Bina Satria Kota Banjarbaru, Selasa (21/8).
   
Dijelaskan, kegiatan diisi seminar 
yang diselenggarakan Markplus Ind dan ICSB Indonesia bertujuan untuk memberikan ilmu dan masukan bagi UKM khususnya di Kota Banjarbaru agar makin maju dan berkembang.
     
"Melalui seminar yang diikuti para pelaku usaha UKM yang tergolong pengusaha kecil, mereka mengetahui teknik berusaha sehingga bisa naik kelas dari usaha kecil, menengah dan besar," ungkapnya. 
     
Menurut dia, kegiatan itu sangat strategis dalam mendorong majunya UKM karena diselenggarakan pada 34 kota di Indonesia dan Banjarbaru merupakan kota ke-7 yang menjadi tempat pelaksanaannya.
     
Ditekankan, UKM di Banjarbaru sudah menunjukan peran sangat baik dalam membangun perekonomian di kota dengan jumlah penduduk yang mencapai 200 ribu jiwa dan menjadi kota pusat pemerintahan Kalsel. 
   
 "Jumlah UKM yang tumbuh dan berkembang di Banjarbaru sangat banyak dan membantu jalannya roda perekonomian maupun peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat dari berbagai kalangan," ucapnya. 
   
Dikatakan, pihaknya juga sudah menyampaikan pesan kepada pelaku UKM maupun UMKM agar kuat dan menjaga kekompakan, solid serta mau maju bersama-sama sehingga bisa semakin maju dan berkembang. 
     
"Jika seluruh pelaku UKM kompak,  solid dan menjalin kebersamaan, tentunya semakin kuat terutama dalam membangun perekonomian yang baik dan mampu meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.
     
Sementara itu, peserta yang sebagian besar pelaku UMKM diajak membaca Deklarasi UMKM jaman Now yakni berjanji menjunjung tinggi profesionalisme, siap meningkatkan produktivitas, mengasah kreativitas.
     
Kemudian, berjanji untuk terus melakukan perbaikan segala bidang sehingga dipercaya, bertanggung jawab, dan berdaya saing tinggi serta berjanji mendukung gerakan cinta produk-produk Indonesia.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018